Pemkab Karo Siap Berkolaborasi Dengan PMI Disetiap Bencana -->
Cari Berita

Advertisement

Pemkab Karo Siap Berkolaborasi Dengan PMI Disetiap Bencana

28 Januari 2021


StatusRAKYAT.com, Tanah Karo
- Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH menegaskan keberadaan ketua PMI (Palang Merah Indonesia) Kab.Karo, Farida Ariani Beru Pelawi, SPd, MM,  sepenuhnya didukung oleh Pemda Karo. Hal ini diungkapkan Terkelin Brahmana,SH, MH didampingi Kakesbang Tetap Ginting, saat menerima kedatangan pengurus PMI Kab.Karo periode 2020  -  2025, Kamis (28/01)2021 pukul 11.30 WIB diruang kerja Bupati. 

Tidak ada alasan Pemkab Karo tidak mendukung penuh setiap program dan kegiatan PMI Kab Karo kedepannya, ini perlu diketahui setiap orang bahwa Palang Merah Indonesia merupakan  organisasi yang sah dan sudah menunjukkan eksistensinya membantu pemerintah mulai tingkat pusat hingga daerah,"terang Terkelin. 

Untuk itu, jangan pernah takut mengemban amanah yang dipercayakan, semua pasti ada kekurangan, namun di kesempurnaan itu tercapai ada niat dan kemauan belajar dari apa yang kita lalui sehingga kegigihan akan menghasilkan keberhasilan.Tugas PMI sangat berat, dikaitkan dengan Kondisi letak geografis Kab. Karo yang rawan bencana seperti erupsi Gunung Sinabung ,tanah longsor, puting beliung, kebakaran dan gempa perlu kesiapsiagaan kita semua dalam menghadapi bencana termasuk PMI.

Terang Bupati kembali, meringankan kolaborasi PMI Kab. Karo dengan Para stakeholder di instansi Pemda Karo yang bertanggungjawab dalam penanggulangan bencana, ada dinas kesehatan, Dinas Sosial dan instansi terkait lainnya untuk selalu siap siaga dalam menghadapi bencana dan penanggulangan nya.Kendati demikian PMI Kab. Karo harus bisa hadir dalam berbagai kesempatan.agar eksistensi PMI itu berperan untuk masyarakat,Karo “ ucapnya.

Sebab keikutsertaan PMI Kab Karo dalam penanggulangan bencana di daerah, karena bukan saja tugas pemerintah namun partisipasi dan keterlibatan masyarakat dan organisasi lainnya dalam membantu penanggulangan bencana termasuk PMI relawan pekerjaan Mulia, hal ini Jangan pernah samakan dulu dengan sekarang, ini pesan saya,''beber Terkelin kembali. 

Sementara ketua PMI Kab Karo Farida Ariani Beru Pelawi, SPd, MM menyampaikan rasa terimakasih, kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH dengan menyatakan komitmennya dalam mendukung Palang Merah Indonesia Kab. Karo. Jujur, Saya sangat kagum dengan sikap bapak bupati ini, dimana tidak pernah membeda bedakan, setiap yang bersilaturahmi selalu diberi support dan dukungan. 

Reaksi ini, meyakinkan Saya bahwa apa yang selama ini isu berkembang dikalangan internal PMI Provinsi bahwa Bupati Karo tidak mendukung kegiatan dan program PMI Kab. Karo, hanya retorika semata. Bukti nyata Dia eksis mendukung program PMI Kab. Karo kedepan, sikap ini ditunjukkan PMI Kab. Karo diarahkan membuat program kerangka acuan kegiatan agar dianggarkan di APDB Karo dengan  berkolaborasi dengan dinas SKPD Terkait sepanjang ada tupoksi PMI,"jelasnya. 

Sekedar diketahui, jelas Farida kembali, "ada tiga program utama PMI, Pertama, membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana. Kedua, menghimpun dan memproses darah. Ketiga, melakukan sosialisasi terkait kesehatan dan sosial lainnya. 

Orientasi ini  PMI Kab Karo siap membantu dan  bekerjasama dengan BPBD yang menangani bencana dan instansi terkait lainnya. Hal itu guna membangun kemitraan dalam rangka bersama-sama membantu penanggulangan bencana di daerah, "ucapnya.

(D'vd/AJT)