Sejumlah Warga Sinama Nenek,Tuntut Haknya Kepada Koperasi KNES -->
Cari Berita

Advertisement

Sejumlah Warga Sinama Nenek,Tuntut Haknya Kepada Koperasi KNES

06 Juli 2021


StatusRAKYAT.com, Kampar
- Dalam memperjuangkan Hak yang terampas dari sekian tahun ,sejumlah warga melakukan Aksi Turun lokasi ke Lahan Eks. 2800  ha ,guna melihat langsung Lahan yang di kelola pihak Koperasi KNES.
Adapun  sejumlah warga tersebut di  melakukan aksi tuntutannya pada Selasa,(6/7/2021) yang di tujukan kepada pihak Koperasi KNES selaku pengelola lahan tersebut .
Dan  sejak dari di bagikan nya sertifikat Tora mereka tidak kunjung mendapatkan hasil dari lahan  mereka yang di kelola pihak KNES(Koperasi Nenek Eno Sinama Nenek).
Di samping itu  warga juga menuntut agar pihak Koperasi KNES harus terbuka  dalam menyampaikan hasil dari produksi di Lahan  yang di kelola Pihak Koperasi tesebut.

Sementara itu Dr Hendri Abdul Jaiz, SH. M.H.,CPLC.,CPLE Pengacara LBH dari Akademisi Universitas Pasir Pangaraian yang menjadi Pendamping Hukum (PH) Masyarakat Turut langsung memimpin Aksi warga tersebut menyatakan "Ada sebanyak 20 orang Klien Kita akan menduduki dan menguasai lahan tersebut.karena sudah 18 bulan tidak pernah menerima gaji sepeserpun, sementara laporan BPN tidak ada kepastian Hukum dari Polda Riau,terpaksa kita lakukan penguasaan lahan tersebut."ucap Dr Hendri SH.MH.,,CPLC.,CPLE. 


Menanggapi hal tersebut,pihak media mencoba konfirmasi kepada pihak Humas KNES .
''Sedikit di Luruskan disini Kita sudah berdialog tadi mas,dengan beberapa tokoh  perwakilan warga dari aksi tersebut di saksikan Kepolisan dari polsek Tapung Hulu, serta Babinsa dari koramil 16/Tapung,
dengan kesepakatan  melakukan aksi melihat atau mensurvey lahan tersebut dengan cara yang damai,dan bagi warga yang ingin mengetahui dimana letak peta lahan nya di persilahkan buat melihatnya kita tidak menghalangi dan untuk masalah hasil atau gaji  yang di pertanyakan warga tersebut kita punya prosedur dan sampai sekarang ini belum ada laporan, Ujar Muhammad Arif .

Sementara itu Kapolsek Tapung Hulu IPTU  Era Maifo Sik  dalam keterangan nya mengatakan
''Kita dari jajaran kepolisian turun langsung ke lokasi,guna memediasi dan menkondusifkan aksi warga tersebut dengan memanggil pihak KNES dan perwakilan warga agar berdialog langsung dan bermusyawarah agar di dapati kesepakatan aksi damai dan mencegah tindakan yang tidak di inginkan ,Pungkasnya

Adapun aksi ini berjalan dengan damai dan tertib dengan meninjau lahan tersebut serta berdasarkan data yang di miliki warga tersebut.**(Ali Rs Tim Red)