Warga Sihopong Kecamatan Parmonangan Rasakan Arti Kemerdekaan -->
Cari Berita

Advertisement

Warga Sihopong Kecamatan Parmonangan Rasakan Arti Kemerdekaan

27 Oktober 2021


StatusRAKYAT.com ,Tapanuli Utara
- Impian warga dusun Sihopong Desa Manalu Kecamatan Parmonangan sudah terkabulkan, dimana sudah berpuluh tahun belum teraliri aliran listrik. Warga dusun Sihopong mengaku selama ini memakai lampu minyak atau lampu teplok. Jika anak - anak mereka belajar menjadi terkendala.

Jupri Manalu warga dusun Sihopong saat dijumpai (27/10) mengatakan impian masyarakat dusun Sihopong sudah terkabulkan. "Lihat saja pak, harapan dan impian kami telah terkabulkan. Dulu kita menggunakan lampu minyak atau lampu teplok. Kadang jika anak -anak kita belajar menjadi terkendala" terang Jupri. Lebih lanjut, Dia mengatakan sudah berpuluh - puluh tahun mereka tidak merasakan arti kemerdekaan. Tapi berkat Bupati Taput Drs Nikson Nababan masyarakat telah merasakan arti kemerdekaan itu, yaitu dusun mereka telah teraliri arus listrik.


 Sama halnya diungkapkan Op Meli Manalu ( 70 ). Dia sangat terharu akan perhatian Pemerintahan Tapanuli Utara yang saat ini di pimpin Bupati Taput Drs Nikson Nababan. "Berkat beliau, kami sudah terang benderang tidak di kegelapan lagi. 10 tahun yang lalu, sewaktu cucu saya belajar, ada warna hitam dipipi mereka. Itu akibat gumpalan asap dari lampu teplok"ujarnya. Dimana Bupati Taput Drs Nikson Nababan yang  langsung merespon Keluhkan kami mengenai listrik telah terealisasi. 

Sementara itu  Camat Parmonangan Lammiduk Sinaga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, MSi, dengan perhatian khusus terhadap pembangunan infrastruktur dan jaringan listrik di kecamatan parmonangan. "Menuju kecamatan Parmonangan sekarang ini dari Silakkitang sangat nyaman karena sudah diaspal hotmix. Kemudian pembukaan jalan sepanjang 10 km penghubung Desa Manalu Purba, Batuarimo dan Purbadolok menuju Ibu kota Kecamatan Parmonangan dan Pembukaan jalan Ke Dusun Pungga dari Siantarnaipospos sepanjang 5 km dan sekarang sudah bisa roda 4. Pembangunan jembatan Simarsalaon sehingga roda 4 akan bisa ke Desa Manalu Purba melalui Desa Pertengahan "terang Lammiduk. Pembangunan jembatan Hutatua sepanjang 25 m ini menjadi mimpi dari warga desa Hutatua karena selama ini terisolir dari pembangunan,  akibat roda 4 tidak bisa masuk ke desa tersebut.

"Dan hal yang paling diimpikan masyarakat adalah Listrik PLN, dimana Pak Bupati membuat Program usulan super prioritas kepada PLN untuk penerangan di beberapa titik di Kec. Parmonangan. Yakni, dusun Parik Desa Manalu Purba, dusun Lumbantobing Desa Manalu Dolok, dusun Sihopong Desa Manalu Dolok, Desa Hutatua dan Desa Hutajulu Parbalik. "Untuk dusun Parik dan dusun Lumbantobing, warga sudah menikmati Listrik PLN dan terkhusus untuk dusun Parik, Pak Bupati sendiri ikut mengangkat tiang listrik untuk menyeberangi jembatan simargarap karena jembatan rapuh " ujar Lammiduk . Hari ini untuk Warga Dusun Sihopong Desa Manalu Dolok patut berbahagia karena Kabel Listrik PLN sudah dipasang oleh Pihak PLN tinggal memasukkan ke rumah rumah warga. Masih ada 2 titik menjadi usulan Super Prioritas Pak Bupati, yakni, Desa Hutatua. Sesuai dengan janji Pak Bupati dan sudah dipenuhi Pak Bupati, jembatan dulu dibangun, kemudian setelah jembatan selesai langsung masuk tiang PLN. Mengenai Desa Hutajulu Parbalik terkendala di pengangkutan tiang listrik yang sangat sulit medannya apabila dari desa Hutajulu, maka sedang disurvey untuk memasukkan tiang listrik dari Desa Rurajulu Toruan Kec. Sipoholon. "Kami berdoa diberikan Tuhan kesehatan dan panjang umur kepada Pak Bupati, dan kami siap bekerja di kecamatan untuk memberhasilkan program Kabupaten"jelas Lammiduk. (Tulus Hutabarat)

statusrakyat.com