Kapolda Sumut Tinjau Pilkades Serentak Di Taput -->
Cari Berita

Advertisement

Kapolda Sumut Tinjau Pilkades Serentak Di Taput

23 November 2021


StatusRAKYAT.com , Tapanuli Utara -
Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak M.Si. tinjau langsung pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Selasa, 23 Nopember 2021. Dalam kunjungannya ke sejumlah tempat pemungutan suara, Kapolda menekankan cipta kondisi kondusif kepada seluruh personil pengamanan, serta panitia pemilihan setempat.
     
Kapolda menegaskan, kondisi keamanan pada perhelatan Pemilihan Kepala Desa serentak 200 desa di Kabupaten Tapanuli Utara terpantau aman, lancar, dan tertib. "Para pendukung calon kepala desa, jangan sampai berantam ya,” ujarnya kepada sejumlah saksi calon kepala desa yang ditemui di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) IV, Desa Pansurnapitu, Kecamatan Siatas Barita Taput. Pada kesempatan itu, Kapoldasu bersama Kasdam Brigjen TNI Purwito Hadi Wardono, Danrem 023 KS Kol inf Febriel Buyung Sikumbang didampingi Kapolres Taput AKBP Ronal FC Sipayung, Kasdim 0210 TU Mayor Ojak Simarmata dan jajaran, menekankan pentingnya menciptakan suasana aman, dan tertib, di tengah pelaksanaan Pilkades yang digelar, saat ini.
        
“Pilkades ini perlu disukseskan seluruh masyarakat supaya terpilih kadesnya yang mampu mewakili seluruh masyarakat. Siapapun pemenangnya, tidak perlu bereuforia yang berlebihan,” sebutnya. Dalam kondisi pandemi COVID-19, saat ini, Irjen Panca juga berharap agar masyarakat tidak menggelar kegiatan euforia yang bisa menimbulkan kerumunan tak terkendali. “Tadi saya juga sudah cek soal penerapan protokol kesehatan, semuanya dilaksanakan. Meski COVID-19 sudah agak menurun, tidak perlu euforia,” terangnya. Terkait penambahan jumlah personil yang diterjunkan dari sebelumnya 344 orang menjadi 944 personil dari BKO Poldasu, dan Brimob untuk pengamanan Pilkades serentak di Taput, kata Irjen Panca, hal tersebut merupakan penilaian atas aspek pengamanan, sehingga empat personil kepolisian bersama TNI dan Satpol PP disiagakan mengamankan kondisi tiap desa. 
       
“Sebenarnya bukan penambahan, itu strategi polisi bersama TNI, bagaimana masyarakat itu bebas dan siap untuk mengikuti pelaksanaan Pilkades,” urainya. TPS IV Desa Pansurnapitu, Siatasbarita, dengan 491 pemilih menjadi satu dari empat TPS yang disiapkan untuk mengakomodir hak demokrasi bagi total 1.713 pemilih terdaftar di desa tersebut dalam memberikan pilihannya untuk lima calon kepala desa yang maju. Dari TPS IV Desa Pansurnapitu, Siatasbarita, rombongan Kapoldasu meluncur ke lokasi TPS IV Desa Simamora, Kecamatan Tarutung, Taput, serta ke sejumlah TPS lainnya, sesuai jadwal kunjungan. (TH)

statusrakyat.com