Pamsimas Tahun 2019 Di Desa Sihujur Jadi Sorotan Masyarakat, Bak Penampungan Ditumbuhi Ilalang -->
Cari Berita

Advertisement

Pamsimas Tahun 2019 Di Desa Sihujur Jadi Sorotan Masyarakat, Bak Penampungan Ditumbuhi Ilalang

19 November 2021


StatusRAKYAT.com , Tapanuli Utara
- Proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa sihujur Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli utara jadi perbincangan hangat di tengah - tengah masyarakat. Program Sanitasi Air Bersih perpanjangan tangan pemerintah pusat tersebut tidak bisa memberi manfaat bagi masyarakat.
     
Masyarakat desa Sihujur Op.Basa Hutabarat mengatakan, proyek yang dikerjakan pada tahun anggaran 2019 itu, hingga tahun 2021 tidak memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Sihujur. Diduga kuat dikerjakan asal jadi dan perlu ditinjau dimana anggaran cukup besar tidak bisa dinikmati masyarakat. "Proyek Pamsimas ini tidak berarti bagi kami warga Desa Sihujur, mulai selesai dibangun hingga sekarang tidak ada manfaatnya. Kami masyarakat meminta proyek ini segera diperiksa oleh pihak berwajib"ungkapnya
     
Tokoh masyarakat G Hutabarat mengungkapkan, kondisi pipa sebagai alat penyalur air kerumah masyarakat sudah terpasang kerumah - rumah warga Sihujur yang membutuhkan, tapi air yang diharapkan tidak bisa dimanfaatkan. "Kami warga Sihujur menilai proyek Pamsimas ini gagal total, karena tidak berfungsi sama sekali, air bersih yang diidamkan masyarakat sampai saat ini belum terealisasi (tidak mengalir ) sama sekali"ujar Hutabarat. Dia juga menjelaskan dilokasi bak induk air tidak terurus dan sudah ditutupi ilalang. Proyek tersebut diduga kuat dikerjakan asal jadi, kurang pengawasan dan ada dugaan konspirasi antar sesama yang berkepentingan sewaktu pembangunan proyek. Menurutnya, mangkraknya proyek Pamsimas di Desa Sihujur sudah seharusnya pihak Pemkab Tapanuli Utara melalui Dinas terkait untuk terjun langsung melihat kondisi ini. Apalagi air bersih sangat berarti untuk kehidupan sehari - hari. "Pamsimas merupakan program pinjaman pemerintah pusat yang dihibahkan langsung kepada masyarakat, dan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat. Kami meminta pihak berwajib mengusut penyebab mangkrak dan terbengkalainnya proyek Pamsimas di Desa Sihujur"tegasnya. Lebih lanjut dia meminta pemerintahan Sumut beri tidakan dan mengevaluasi kinerja tim Pamsimas dari Propinsi Sumut, fasilitator, dan bagian teknik, pendamping, KSB (Ketua, Seketaris dan Bendahara). (TH)

statusrakyat.com