Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, Berikan Pembekalan Kepada Bintara dan Tamtama -->
Cari Berita

Advertisement

Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, Berikan Pembekalan Kepada Bintara dan Tamtama

01 Desember 2021


StatusRAKYAT.com , Manado
- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA memberikan pembekalan kepada Bintara dan Tamtama Remaja di Lapangan Apel Mako Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Paal Dua. Manado. Rabu (1/12/2021).

Mengawali arahannya Danlantamal VIII menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bintara Remaja (Baja) dan Tamtama Remaja (Taja) alumni Pendidikan Pertama Angkatan LIXI TA 2021 yang baru saja selesai melaksanakan Pendidikan di Satuan Pendidikan (Satdik) II TNI AL Makassar.

Sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Danlantamal VIII mengatakan bahwa prioritas pemenuhan personel untuk saat ini diutamakan di KRI/KAL. “Jadi nantinya para Baja dan Taja ini akan ditempatkan prioritas sebagai pengawak Kapal Perang (KRI/KAL), oleh karena itu sebelumnya kita bina dulu di Mako Lantamal, supaya siap bertugas”, kata Danlantamal VIII.

Danlantamal VIII mengatakan dengan kehadiran prajurit baru ini, diharapkan nantinya akan memperkuat dan memenuhi kebutuhan sesuai Daftar Susunan Personel (DSP) Lantamal VIII.  Hal tersebut disampaikan Danlantamal dihadapkan cakupan wilayah kerja Lantamal VIII yang terbentang sepanjang Laut Sulawesi hingga Laut Maluku sampai dengan perbatasan Indonesia-Philipina. 

Pada kesempatan tersebut Danlantamal VIII menyampaikan bahwa tugas pokok Lantamal VIII yaitu menyelengarakan dukungan tempur, dukungan logistik, dukungan administrasi maupun dukungan khusus bagi unsur unsur TNI AL (Kapal, Pesud dan Marinir), melaksanakan operasi dan melaksanakan pemberdayaan sarana dan prasarana yang dimiliki pangkalan sendiri maupun instansi terkait di wilayahnya. “Kemampuan dukungan ini biasa dikenal dengan fungsi ‘5R’ yaitu Rebase, Replenishment, Repair, Rest and Recreation, ujar Danlantamal VIII.

Terkait dengan penempatan penugasan, Danlantamal VIII memerintahkan para Bintara dan Tamtama Remaja agar tidak berkecil hati bila tidak sesuai keinginan, justru harus bangga karena dapat mengabdi menjadi prajurit TNI AL. “Dari mana saja asal kalian, kalau sudah menjadi prajurit, buat menjadi kebanggaan orang tua, keluarga dan bangsa, ikuti aturan, jangan bikin pelanggaran”, tegasnya.

Mengakhiri arahannya, Danlantamal menghimbau agar para prajurit tetap menjaga kesehatan, menjaga fisik dan memperhatikan segala pengetahuan dan ilmu yang diberikan oleh instruktur maupun pembina/pembimbing selama pekan orientasi di Mako Lantamal VIII. 

Turut mendampingi Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) May Franky Pasuna Sihombing CHMRP, Asops Danlantamal VIII, Aspers Danlantamal VIII, Kadisminpers Lantamal VIII dan Komandan Denma Lantamal VIII.


(MH)

statusrakyat.com