Serbuan Vaksinasi Maritim dan Penanaman Mangrove, Berikut ini pesan Danlantamal Vlll Manado -->
Cari Berita

Advertisement

Serbuan Vaksinasi Maritim dan Penanaman Mangrove, Berikut ini pesan Danlantamal Vlll Manado

02 Desember 2021


StatusRAKYAT.com , Manado
- Pangkalan Utama TNI AL Lantamal VIII memperingati Hari Armada RI Tahun 2021 dengan melakukan serbuan vaksinasi maritim dan penanaman mangrove di Pantai Kalinaun, Likupang Timur, Minahasa Utara. Kamis (2/12)

Kegiatan tersebut dibuka langsung Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., dalam suatu acara pembukaan yang dihadiri Wadan Lantamal VIII, Para Asisten Danlantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Karumkital dr Wahyu Slamet Bitung, Kadiskes Lantamal VIII, Kadispotmar Lantamal VIII, GM PT. PLN (Persero) UIW Suluttenggo, Leo Basuki beserta jajaran dan Camat Likupang.

Dalam sambutannya Danlantamal VIII mengatakan bahwa selain dalam rangka memperingati Hari Armada RI Tahun 2021 kegiatan penanaman bibit mangrove diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Pohon Sedunia.

Danlantamal VIII mengingatkan pentingnya keberadaan mangrove untuk menahan abrasi, membentuk lahan baru dan menyediakan makanan bagi hewan laut sebagai sumber keanekaragaman hayati dan menjaga kestabilan ekosistem pantai. "Penanaman mangrove bertujuan untuk memelihara ekologi, melindungi sistem penyangga kehidupan, pemanfaatan sumber daya lestari laut dan ekosistemnya serta sarana dan prasarana wisata alam serta mengurangi kerusakan dan kepunahan keanekaragaman hayati

Berkaitan dengan hal tersebut, Danlantamal VIII    mengucapkan terima kasih kepada PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo sebagai mitra dalam hal penanaman bibit mangrove di wilayah pesisir pantai khususnya di wilayah Likupang. 

Lebih lanjut Danlantamal VIII menyampaikan dalam serbuan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan kali ini merupakan upaya TNI AL dalam memberikan herd immunity bagi masyarakat maritim sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Margono, S.E., M.M. untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Pada kegiatan penanaman bibit mangrove disiapkan 2.000 bibit untuk ditanam di pesisir pantai Kalinaun, Kecamatan Likupang. Sementara pada kegiatan serbuan vaksinasi Diskes Lantamal VIII bersama Puskesmas Likupang Timur menurunkan 4 dokter, vaksinator dan puluhan tenaga kesehatan dengan menyiapkan 300 dosis jenis Sinovac.

Kegiatan tersebut juga didukung PT Meares Soputan Mining (MSM) dan PT Tambang Tondano Nusajaya (PTT) sebagai perusahaan lokal Likupang dan Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Provinsi Sulut.


( MH )

statusrakyat.com