Banjir Landa Desa Lumpias di Minahasa Utara -->
Cari Berita

Advertisement

Banjir Landa Desa Lumpias di Minahasa Utara

05 Maret 2022


StatusRAKYAT.com , Minahasa Utara - Curah hujan yang cukup tinggi melanda Kabupaten Minahasa Utara sejak semalam hingga Pukul 14.00 Wita, mengakibatkan beberapa pemukiman warga terendam banjir akibat luapan air dari parit yang tidak bisa menampung debit air.

Guna membantu warga yang terdampak banjir, Babinsa Koramil 1310-04/Dimembe Kodim 1310/Bitung bersama Bhabinkamtibmas dipimpin Danramil Letda Inf Marten Tangkere, terjun langsung mengecek kejadian dan membantu masyarakat mengevakuasi sampah yang menyumbat parit di sekitar rumah warga yang terdampak banjir.

Danramil 1310-04/Dimembe Letda Inf Maten Tangkere mengatakan, curah hujan yang tinggi mulai dari malam hingga siang ini mengakibatkan aliran air dari parit meluap menggenangi rumah warga Desa Lumpias, ketinggiannya diperkirakan antara 10 cm hingga 1 meter dan bersyukur tidak ada korban, namun diperkirakan ada sekitar 4 unit rumah dan 1 unit mobil jenis Toyota Rush milik warga terendam air.


“Saya telah instruksikan kepada seluruh Babinsa Koramil 1310-04/Dimembe untuk tetap siap dan siaga dalam mengantisipasi hujan dengan curah yang tinggi terjadi lagi. Untuk saat ini kondisi banjir sudah surut seiring dengan berhentinya hujan dan kegiatan warga dibantu personel Babinsa membersihkan rumah-rumah warga,” tegas Danramil.

Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi,M.Han., yang turun ke lokasi banjir menghimbau kepada warga yang rumahnya dekat dengan drainase agar tetap berhati-hati dan selalu waspada apabila curah hujan semakin tinggi.

“Kepada seluruh warga Desa Lumpias, khususnya yang terdampak banjir, agar tetap waspada, siap siaga dan mengatisipasi kemungkinan hujan yang semakin tinggi,” pungkas Dandim.

Hadir dilokasi kejadian banjir, Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., Danramil 1310-04/Dimembe Letda Inf Marten Tangkere, Camat Dimembe Ansye Dengah. S.Sos., Hukum Tua Desa Lumpias Bpk. Nikson Obor Mentang, Sekdes Lumpias Ibu Jeibi Matindas, Babinsa Desa Lumpias Serka Herard Wahyudi, Bhabinkamtibmas Desa Lumpias Berigadir Marten Pusung, Anggota Koramil 04 Dimembe 11 orang dan masyarakat Desa Lumpias.(red)