Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 Dipimpin Bupati Karo -->
Cari Berita

Advertisement

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 Dipimpin Bupati Karo

22 April 2022


StatusRAKYAT.com , Tanah Karo - Dalam rangka pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 Polres Karo melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi di halaman Mapolres Karo pada Jumat (22/04.2022) sekira pukul 09.15 WIB.

Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat-2022” yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan tema “Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat-2022”, wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H / 2022”.

Kegiatan Apel Pasukan tersebut dipimpin oleh Bupati Karo, Cory S Sebayang yang secara langsung membacakan amanat Kapolri, dimana perayaan Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah, berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga. Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022.

Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini Pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Kebijakan pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan eforia, hal ini terbukti berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran. 

“Walaupun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali dimana tingkat penularan berada di bawah angka 1, dengan positivity rate dan BOR rumah sakit berada dibawah standar WHO, namun perlu tetap saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19 menjelang pada saat dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H / 2022 sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H / 2022,” ungkap Bupati.

Ditambahkannya juga bahwa setiap petugas harus menyiapkan masyarakat agar aman dari penularan Covid-19 dengan terus menggelar kegiatan vaksinasi untuk mengejar target pada 30 April 2022 dengan upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya pandemi Covid-19 dan harus saling bergandengan tangan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait agar umat Muslim dapat menjalankan ibadah ramadan dengan khusuk dan puncaknya pada perayaan Idul Fitri serta masyarakat yang mudik berjalan lancar, aman dan sehat," ungkapnya.

Sebelum mengakhiri amanat tersebut Bupati Karo Cory S Sebayang mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi “Ketupat-2022”.

Turut hadir Kapolres Karo, AKBP Ronny Sidabutar, SH, S.I.K, MH, Dandim 0205/TK Letkol. Inf Benny Angga Ambar Suworo, Anggota DPRD Kab.Karo, M Rapi Ginting dan tamu undangan lainnya. 

(Dinas -Kominfo)