Menteri Trenggono Didampingi Bupati Indramayu Nina Agustina Tampung Aspirasi Nelayan Dadap -->
Cari Berita

Advertisement

Menteri Trenggono Didampingi Bupati Indramayu Nina Agustina Tampung Aspirasi Nelayan Dadap

14 April 2022


StatusRAKYAT.com , Indramayu - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono di dampingi Bupati Indramayu Nina Agustina Da'i Bachtiar untuk meninjau dan menampung aspirasi masyarakat nelayan di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Dadap Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Kamis (14/04/2022).

Dalam kunjungan kerja ini, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono bersama jajaran dan Bupati Nina Agustina melihat proses pelelangan ikan hasil produksi tangkapan nelayan dan berdialog langsung dengan nelayan dan pemilik kapal setempat.

Dikatakan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono merespon beberapa hambatan yang dihadapi masyarakat nelayan Desa Dadap seperti  pendangkalan di kolam labuh, breakwater yang mengalami kerusakan, akses jalan yang sempit, banyaknya bangunan liar tanpa izin, dan kebutuhan alat tangkap. Tentunya dari kelimanya persoalan ini menjadi akan perhatian serius pemerintah dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan Desa Dadap.

Kita jangan mau menang sendiri. Yang jelas pemerintah tidak mungkin melaksanakan suatu kebijakan yang merugikan nelayan, sehingga dipastikan bahwa nelayan harus tetap produktif dalam  menggerakkan ekonomi lokal dan tetap mengikuti kebijakan pemerintah untuk menggunakan alat penangkapan ikan yang ramah lingkungan, katanya.

Sementara itu Bupati Indramayu Nina Agustina menyampaikan, terimakasih atas dorongan dan perhatian pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian KKP yang meninjau langsung aktivitas nelayan di Desa Dadap yang memiliki keterbatasan dan perlu perhatian dari semua pihak dalam rangka membangun nelayan yang sejahtera.

Selanjutnya Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu Edi Umaedi menyampaikan, data hasil produksi tangkapan ikan nelayan Dadap pada Tahun 2017 mencapai 2.765.031 kilogram, Tahun 2018 mencapai 1.813.087 kilogram, Tahun 2019 mencapai 1.582.063 kilogram, Tahun 2020 mencapai 2.148.545 kilogram dan Tahun 2021 mencapai 1.549.216 kilogram.

Selama lima tahun ini nilai produksi nelayan Dadap mencapai 126.876.384.600 rupiah, dengan hasil tangkapan dominan berupa ikan Teri, ikan Tembang, ikan Kembung, ikan Selar dan Cumi. Dengan kedatangan Menteri KKP ini semoga produksi ikan di Kota Mangga semakin meningkat dan permasalahan nelayan bisa diupayakan oleh pemerintah, harapannya. 

Dalam kesempatan ini Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono bersama Bupati Indramayu Nina Agustina secara simbolis memberikan bantuan sembako kepada masyarakat nelayan Desa Dadap.(Mutadi)