Pengembangan Kapasitas Usaha Akbar Digitalisasi PNM Cabang Indramayu -->
Cari Berita

Advertisement

Pengembangan Kapasitas Usaha Akbar Digitalisasi PNM Cabang Indramayu

05 Agustus 2023


StatusRAKYAT.com,Indramayu -- Para nasabah PNM Indramayu berkumpul dalam acara Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Akbar Digitalisasi Indramayu di Gedung PGRI Indramayu, Sabtu (5/8/2023).

Kegiatan ini hadir, Irmana Pincab PNM Indramayu, H. Syaefudin,SH.MH, Suwenda,  S.Sos.Msi, Perwakilan Dandim 6016, Perwakilan Polsek Sindang, Nasabah PNM Indramayu yang hadir.


Menurut Perwakilan Bupati Indramayu H. Suwenda,S.Sos.Msi dalam sambutannya menyampaikan," Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan berkah, rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, semoga kita dapat hadir dan bertatap muka pada kesempatan yang berbahagia ini dalam acara program Pengembangan Kapasitas Usaha Akbar yang diselenggarakan oleh PNM Cabang Indramayu dengan tema "Ayo Berdigitalisasi Akeh Manfaate Enggo Nasabah Dermayu". Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu salam beserta keluarga sahabat dan kita semua hingga mendapatkan syafaatnya di hari akhir aamiin," katanya.


"Masih menurutnya, Vsi pembangunan Kabupaten Indramayu yang tertuang dalam Perda Nomor 9 Tahun 2021 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah 2021- 2026 adalah "Terwujudnya Indramayu bermartabat bersih, religius, maju, adil, makmur dan hebat"


"Visi Indramayu bermartabat selain merupakan tingkatan seperti tersebut juga kita jadikan semboyan bahwa  Indramayu harus menjadi kabupaten yang mempunyai martabat dalam arti yang sesungguhnya Indramayu harus menjadi kabupaten yang disegani dan dihormati baik dalam tatanan etika, tatanan moral, maupun hukum dan politik." Kata Suwenda.


"Perkembangan zaman yang serba cepat dan
persaingan yang semakin ketat menuntut kita untuk bekerja semakin keras langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri melalui peningkatan kemampuan kapasitas dan kompetensi, sehingga kita akan menjadi sosok yang kompetitif dan berdaya saing."


"Pesatnya teknologi informasi yang terjadi dewasa ini berpengaruh sekali terhadap setiap pola kehidupan masyarakat termasuk di dalamnya."


"Trend digitalisasi hal ini Tentunya menuntut kita untuk ikut menyesuaikan dengan perkembangan yang ada, namun yang menjadi permasalahan adalah kemampuan."


"Sumber daya manusia dalam memanfaatkan teknologi itu sendiri Program Pengembangan Kapasitas Usaha Akbar yang digelar oleh PNM Cabang Indramayu pada hari ini merupakan suatu momen yang tepat dan langkah strategis untuk meningkatkan kapasitas diri khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Indramayu.
Atas nama pemerintah daerah saya nenyampaikan terima kasih kepada PNM Cabang Indramayu yang telah berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perguliran ekonomi maupun peningkatan kapasitas para pelaku UMKM di Indramayu yang juga secara langsung mendukung salah satu program unggulan pemerintahKabupaten  Indramayu yakni Kruwcil atau kredit usaha warung kecil PNM juga memiliki program pemberdayaan dan pendampingan usaha mikro kepada para pelaku UMKM di mana hal ini pun menjadi gambaran dukungan pada program unggulan pemerintah Indramayu yang yakni PERI ( Perempuan Berdikari )."


"PNM cabang Indramayu memberikan pelayanan dengan membuka 6 unit layanan modal mikro dan 35 unit Mekar ( Membina ekonomi keluarga sejahtera ) dengan jumlah nasabah PNM mekar 137.344 dan kelompok 6958 serta menghasilkan produk-produk UMKM yang layak saing.
Produk-produk tersebut diantaranya :
1. Batik binayu Mekar
2. Keripik bayam
3. Kerupuk ikan berbumbu
4. Kerupuk kulit
5. Dan masih banyak lainnya.
Semoga apa yang telah sedang dan akan kita kerjakan bersama dalam  Indramayu yang lebih baik menuju Indramayu yang bermartabat senantiasa mendapat bimbinhan rakmat Allah SWT."


Ditemui media StatusRakyat.com Irmana mengatakan,"Ya, Pengembangan kapasitas usaha itu salah satu program unggulan PNM Sebagai lembaga pekerjaan masyarakat kita bukan hanya memberikan modal saja tapi juga modal usaha dan sosial. Mereka memberikan modal dan sosialisasi produk.umggulan mekar PNM Indramayu," katanya.


Lebih lanjut, Secara reguler kita bisa mengadakan, menyapa nasabah loh kita lebih kepada pendampingan datang memberikan kapasitas usaha pelatihan kepada para nasabah," ujar Irmana.


"Peserta di hari ini 1.000 peserta nasabah mekar cabang Indramayu dari Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majalengka. Ya kita sebagai lembaga pemberdaya yang diberi amanah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan usaha nasabah nasabah mekar Indramayu,"ucap Irwana.


"Pertama pnm lebih dikenal masyarakat pelaku usaha kecil mikro Kabupaten Indramayu Majalengka, khususnya."


"Kemudian juga kita bisa lagi melakukan determinasi pasar. Sehingga memperluas cakupan nasabah usaha kecil mikro yang bisa kita biayai. Karena mereka bisa menerima manfaat dari badan PNM. Dan yang terakhir tentunya setelah mereka menjadi nasabah mekar pnm," pungkasnya. ( Mutadi )