HIPPI Didukung Oleh Pemprovsu Untuk Meningkatkan Produk UMKM -->
Cari Berita

Advertisement

HIPPI Didukung Oleh Pemprovsu Untuk Meningkatkan Produk UMKM

02 November 2019

StatusRAKYAT.com, Medan - Musyawarah Daerah (Musda) VI Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) berlangsung di Hotel Le Polonia, Jalan Sudirman, Sabtu (2/11).

Wagubsu Musa Rajekshah Ketika membuka musyawarah itu mengatakan, Pemprovsu sedang menyiapkan Pergub tentang produk lokal masuk ritel modern.
“30-40 persen produk lokal yang dihasilkan UMKM diharapkan dapat dijual di gerai-gerai ritel modern yang dapat Untuk melindungi dan membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),”ujarnya.

Selain itu, kata Wagub, Pemprov Sumut juga akan membuat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pangan, diharapkan bisa membeli hasil pertanian dan peternakan masyarakat, mengontrol harganya di pasar.
Dengan itu, Wagubsu, harga hasil pertanian masyarakat bisa stabil dan tidak dijual ke luar Sumut, karena masyarakat masih membutuhkannya.

Pemprov Sumut sedang fokus membangun desa menata kota. Tentunya seluruh lapisan masyarakat mulai dari pe tani, peternak, hingga pelaku UMKM haruslah didukung oleh pemerintah.

“Industri UMKM perlu pendampingan dan dukungan pemerintah, kami juga berharap dengan begitu petani dan peternak juga merasakan dampaknya yang signifikan,” kata Musa Rajekshah. Kepada para peserta Musda, Musa Rajekshah menyampaikan agar pengusaha tidak hanya menguntungkan diri sendiri, tetapi diharapkan juga dapat memberi kontribusi bagi masyarakat banyak. Pemprov Sumut juga mengharapkan dukungan sinergi dari para pengusaha untuk membangun ekonomi masyarakat dan daerah ini.

Terkait Musda HIPPI, Musa Rajekshah berharap pengurus baru yang terpilih nantinya bisa membuat program kerja yang dapat mensinergikan tujuan pemerintah daerah dan HIPPI. Diharapkan pula, HIPPI dapat memberikan masukan atau apa saja yang perlu dibahas dari sisi kebijakan Pemprov, khususnya di bidang perekonomian.

sementara Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HIPPI Suryani Motik menyampaikan, HIPPI juga tidak bisa berjalan sendirian. Pemerintah dan organisasi pengusaha seperti HIPPI adalah mitra. Menurutnya dunia usaha sangat bergantung dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Oleh sebab itu, HIPPI harus bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Ketua DPD HIPPI Sumut Dian Arry Permana Harahap mengatakan, UMKM merupakan ujung tombak pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.
Karena itu HIPPI berkomitmen terus dalam pembentukan pengusaha lokal yang berintegritas. “Serta punya daya saing dan nilai jual, dan membantu pemerintah dalam penyerapan tenaga kerja,” sebut Arry. (SR05)