Soal Tapal Batas Bupati Minta Mengedepankan Kearifan Lokal Pembangunan Jalan Sudah Ditampung di P-APBD Karo 2019 -->
Cari Berita

Advertisement

Soal Tapal Batas Bupati Minta Mengedepankan Kearifan Lokal Pembangunan Jalan Sudah Ditampung di P-APBD Karo 2019

04 Desember 2019

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Dalam skala prioritas, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan akan terus menggenjot pembangunan jalan antar Desa dan Kecamatan , guna meningkatkan mobilitas dan kesejahteraan masyarakat pedesaan di Kabupaten Karo. Akses jalan ditingkatkan untuk mempermudah distribusi hasil-hasil pertanian dari Desa ke pasar di Kabanjahe.
Hal itu dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi, Msi, Kepala Dinas Pertanian Metehsa Karo-karo Purba, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Paksa Tarigan, ST, Camat Tigapanah Data Martina Br Ginting, STTP, Msi, Kabag Tapem, Caprilus Barus, Ssos, Plt Kepala Dinas LHK, Liasma Br Ginting saat mengunjungi Desa Sukamaju Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, Rabu (11/09) 2019. Juga turut dihadiri , Kapolsek Tigapanah AKP R Simanjorang serta Danramil Kapt Marno.
Bupati Karo mengaku menjadikan Desa sebagai kunci utama pembangunan daerah. Untuk itu, Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) perlu meningkatkan kapasitasnya. Salah satunya kemampuan untuk menetapkan skala prioritas pembangunan.
Disisi lain, Bupatii Karo memberikan arahan kepada Kepala Desa, agar dalam penggunaan ADD dan DD, harus mengutamakan kegiatan skala prioritas yang sudah tertuang di dalam APBDes. Jangan menyimpang dari apa yang telah ditetapkan,”tegasnya.
Menyangkut permintaan warga yang telah disampaikan melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Lidia Br Ginting, infrastruktur jalan akses Desa Sukamaju – Simpang Kabantua sudah ditampung di APBD Perubahan Kabupaten Karo TA 2019. Kemungkinan awal bulan depan sudah akan dikerjakan. Selebihnya akan digunakan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) P-APBN sepanjang 3 Km . “Usulan yang belum terealisasi akan ditampung di RAPBD induk 2020 yang saat ini juga sedang dibahas bersama DPRD Karo,” terang Terkelin Brahmana.
Menyangkut tapal batas Desa Sukamaju dengan Desa Kacinambun yang sekarang ini sedang menghangat antar kedua Desa , Bupati Karo meminta semua pihak mengedepankan kearifan lokal budaya Karo. “Sebenarnya soal tapal batas Desa itu hanya menyangkut tertib administrasi pemerintahan,” ucapnya.
Namun demikian semua ada aturannya, ada acuan yang menjadi mekanisme yang harus dipatuhi. Seperti, Permendagri 45/2016 tentang penetapan dan penegasan tapal batas Desa dan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa ,” ujar Terkelin Brahmana.
Sementara permasalahan Desa Sukamaju dengan Mujianto, akan difasiliitasi Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rijal. Mari kita semua saling berkordinasi dan bersinerji, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, kata Bupati.
Camat Tigapanah, Data Martina Br Ginting, mengatakan sebagai wakil pemerintah di tingkat Kecamatan sudah melakukan sosialisasi kepada warga ke dua Desa . Karena ini menyangkut tapal batas antar kedua Desa , lanjut Data Martina, maka dirinya yang akan fasilitasi dengan mengundang semua pihak dari kedua Desa juga Pemkab Karo yang seyogianya tadi, hari ini dilaksanakan di aula kantor Camat . “Namun karena ada pertemuan hari ini bersama bapak Bupati di Desa Sukamaju, maka dijadwalkan kembali dilakukan rapat Kamis depan,” ucapnya.
Sebelumnya salah seorang warga mengatakan, menyangkut tapal batas Desa Sukamaju dengan Kacinambun supaya disesuaikan dengan sejarah Desa . “Karena dulu leluhur kami dalam menetapkan batas wilayah Desa hanya berdasarkan alam, jadi tidak ada dokumen yang dibuat dalam bentuk surat, jadi acuannya harus berdasarkan sejarah,” harapnya.
Masih pada kesempatan itu, Kapolsek Tigapanah AKP R Simanjorang dan Danramil Kapt Marno kompak dan saling mendukung di wilayahnya bebas dari perjudian. Ditegaskan Kapolsek, bahwa Narkoba sudah jelas-jelas musuh utama negara. “Tentunya, hanya dengan komitmen dan kerja keras kita semua segala bentuk penyakit masyarakat bisa diberantas,” ujar Kapolsek yang juga putra Desa Sibolangit, Tongging Kecamatan Merek, Kabupaten Karo ini.
Terpisah, Kepala Desa Sukamaju Bahagia Ginting mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kunjungan Bupati Karo dan rombongan ke desanya, “ujarnya. ( Jona T/ D’vi)