Demi Menuntut Ilmu Siswa SD Huta Pasir Paluta Tempuh Jalan Berlumpur
Cari Berita

Advertisement

Demi Menuntut Ilmu Siswa SD Huta Pasir Paluta Tempuh Jalan Berlumpur

04 February 2020

Ket:Siswa dan Siswi SD 101850 Huta Pasir Berjuang Melawan jalan lumpur demi mencapai Cita-Cita,Selasa (04/02/2020)

StatusRAKYAT.com - Paluta,Sumut, Para siswa anak Sekolah Dasar (SD) Negeri 101850,di Desa Huta Pasir,Kecamatan Simangambat,Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), harus berhati-hati untuk menuju sekolah lantaran melalui dan menempuh jalan berlumpur serta licin.

Seperti Kondisi jalan lintas Pekan Sabtu menuju Gunung Selamat di desa huta pasir,sangat memprihatinkan,lantaran salah satu akses utama bagi siswa siswi SD ini Rusak berat.

Seperti dituturkan Ainun nasution murid
kelas 5 SD Huta Pasir itu kepada Wartawan,Selasa (04/02/2020).

Demi menempuh cita-cita beliau harus berjuang melewati jalan lumpur dan becek dengan berjalan kaki menuju ke sekolah,Ucapnya

"Kami memilih jalan kaki bersama teman-teman saya,kalau naik motor takutnya jatuh dan baju kami akan kotor," jelas siswa sd tsb.

Tidak hanya siswa SD,masyarakatpun mengeluhkan kondisi jalan tersebut,apalagi pada musim hujan warga Huta Pasir berjuang melawan lumpur untuk beraktivitas dalam sehari-harinya seperti kekebun dan kesawah.

Sebelumnya menurut keterangan salah satu warga Huta Pasir,Ali Sufri Hasibuan, "bahwa akses jalan tersebut tidak pernah tersentuh bangunan oleh pemerintah Padang Lawas Utara, sementara jalan ini merupakan satu-satunya akses jalan kami beraktivitas" sebut Sufri.

"Lumpur dan genangan air tetap kami lewati,sebab jalan ini merupakan jalan utama kami untuk melintas. Meskipun jalannya rusak dan licin,tapi mau tidak mau tetap kami tempuh,"sambungnya.

Selanjutnya, Ali Sufri Hasibuan juga berpesan kepada pemerintah Paluta, “Memohon agar dapat meluangkan anggaran daerah untuk pembangunan akses jalan tersebut untuk diperbaiki,agar kegiatan sehari-hari warga Huta Pasir tambah lancar” tambahnya.


Dari pantaun awak media, Kondisi jalannya betul-betul berlumpur dalam kubangan sepanjang kurang lebih  100 meter sehingga kondisi jalannya terpotret kupak-kapik.


Kemudian pada saat konfirmasi, Anggota DPRD Paluta Akhiruddin Ritonga dari Partai Bulan Bintang
 (PBB),dari Komisi C menyampaikan akan terus berupaya mengusulkan jalan itu untuk diperbaiki.

"Saya juga prihatin dengan kondisi jalan yang ada di huta pasir,jika tidak diperbaiki tentunya aktivas warga akan terkendala selain itu ekonomi wargapun akan tertinggal dari warga lainnya" terangnya

Seterusnya Dari pengakuan Akhiruddin Ritoga,jalan rusak itu sudah pernah kita perbaiki dengan bergotong royong bersama pemerintah desa Huta Pasir,dan bekerja sama dengan PT.ANJ Agri, pada hari Sabtu,(25/01)

"Sudah pernah didatarkan dengan menggunakan alat berat berupa Beko,sepanjang 100 meter sekaligus pengkorekan paret pada sisi kiri dan kanan jalan.lantaran karna musim hujan jalannya kembali berlumpur dan licin," tutupnya.

(Red)

statusrakyat.com