Bupati Karo Apresiasi Pra -Musrenbang Wilayah Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara, Gubsu : Dana 14 T Sebagian Untuk Pembangunan Jalan Layang Dua Titik -->
Cari Berita

Advertisement

Bupati Karo Apresiasi Pra -Musrenbang Wilayah Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara, Gubsu : Dana 14 T Sebagian Untuk Pembangunan Jalan Layang Dua Titik

06 Maret 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo -  Pra- Musyawarah Rencana pembangunan (Musrenbang) Wilayah Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara  Tahun 2020, digelar Jumat (06/03)2020 pukul 10.00 WIB di Hotel Sibayak  Berastagi dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH ,MH,para Bupati sekawasan dataran tinggi, Ketua  TP. PKK Provsu Ny Nawal Edy Rahmayadi, Ketua TP PKK Kab Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana,  Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi, Msi, Kabag protokoler Frans Leo Surbakti, SSTP, ASN Provsu, direktur Bank Sumut, OPD Kab. Karo.

Terpantau, sebelum  memberikan kata sambutan, terlebih dahulu kegiatan  di isi dengan pemberian bantuan dari pihak Provsu berupa benih  jagung, bantuan kartu identitas  KIA 1000 keping dan penandatangan Prasasti perbaikan Jambur dan air bersih 5 desa di kab. Karo yang dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Bupati karo Terkelin Brahmana, SH, MH kepada perwkilan para peserta.

Pada kesempatan itu Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH mengatakan atas nama pemerintah Daerah dan  Seluruh masyarakat Kabupaten  Karo mengucapkan selamat datang di Tanah Karo simalem ini dan kami menyampaikan  penghargaan setinggi -tingginya  kepada bapak Gubernur Sumatera Utara dan seluruh jajarannya yang telah  berkenaan melaksanakan Pra -Musrenbang Wilayah Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara  Di Kabupaten Karo, "ucapnya.

Lagi, Terkelin menyampaikan, kami yakin melalui kegiatan  Ini akan berdampak positif  terhadap Kabupaten Karo  dan kami berharap bapak Gubernur akan membuat kebijakan - kebijakan yang efektif di Tingkat Provinsi untuk terus mendukung pembangunan  wilayah Kab Karo, "sebutnya.

Menurut Terkelin, kebutuhan pembangunan pendanaan merupakan salah  satu kendala utama saat ini sehingga, diharapkan bapak Gubsu  berkenaan  menempatkan wilayah Dataran Tinggi Karo di dalam prioritas  kebijakan pembangunan  Provinsi Sumatera Utara tahun 2021 sehingga dapat berkontribusi dan mempercepat pembangunan untuk mewujudkan ”Sumatera Utara yang maju , aman dan bermartabat ” pada semua
sektor pembangunan sesuai visi  bapak Gubsu, "paparnya.

Sebelumnya, banyak usulan -usulan pembangunan yang kami sampaikan, walaupun perjuangan yang melelahkan,  kiranya dapat direalisasikan  pada tahun anggaran 2021, kami  yakin sepenuhnya bahwa bapak Gubsu akan memberikan  perhatian dan keberpihakan kepada wilayah Kab Karo , Provinsi Sumatera Utara, tentunya kami apresiasi dan suatu kebanggaan bagi Pemda Karo , usulan kami di Golkar, "kata Bupati.

Sementara Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi  sebelum menyampaikan kata sambutannya, sempat mengecek kehadiran para Bupati wilayah Dataran Tinggi , dan saat dicek ternyata kehadiran para Bupati minim dan diwakili oleh wakil Bupati dan Sekda , ini yang seharusnya tidak perlu terjadi, apalagi mau dibicarakan pembangunan,"ujarnya.

"Dana sudah tersedia 14 triliun, bagaimana kepala daerah mendistribusikan kalau hadir saja tidak mau, kalau begitu proyeknya kedepan  juga nanti cukup diwakili,"kata Edy dengan guyon disambut ketawa para peserta.

Pada kesempatan itu, Edy mengapresiasi apa yang sudah diperbuat di Kab Karo sudah baik, namun demikian lebih baik lagi semisal daerah Gundaling ditata lagi dan ditertibkan objek wisatanya.Menyikapi inilah,Kab . Karo akan terus kita pacu dan kita benahi, sehingga kedepan menuju objek wisata Kab . Karo tidak mengalami kemacatan, sebab mulai tahun 2020 dan 2021 pembangunan "Jalan Layang" akan segera dibangun, "kata Edy sambil menyuruh operator menayangkan video Animasi model Jalan Layang.

Lihat tayangan animasi ini , kata Edy menyebutkan, di titik Sibolangit akan dibangun sepanjang 384 meter dan dikelok 11 Bandar Baru sepanjang 1600  meter juga akan dibangun. Semua ini menjawab tuntutan dan usulan selama ini, untuk  menghilangkan trauma masyarakat yang terkesan selama ini jalan ke arah Berastagi pasti macat, dengan dibangun jalan layang ini semua akan berubah,"jelasnya.

Diloaksi lain, untuk daerah Tahura tahun ini kita pastikan akan kita selesaikan semuanya pembangunannya, sesuai kearifan lokal budaya Karo , maka bangunan desain Siwaluh Jabu ( bahasa karo-Red ) juga akan kita bangun tahun 2020 dan lokasi wisata kreatif keluarga,"jelas Gubsu lagi.

Dan Edy Rahmayadi menyampaikan kepada Bupati Karo supaya tahun 2020  ini, mulai gerbang pintu masuk Tahura , sebagai simbol wajah kota Berastagi , dirinya meminta tolong buatkan Master Plan kiri - kanan jalan agar ditanam sejenis bunga, semisal  pohon Pakis atau sejenisnya, ini bertujuan ada ikon yang dikenal saat orang masuk mulai dari Tahura - Berastagi. Pesan  saya ini serius, bukan main main, nanti pihak Provsu tampung anggarannya, makanya pihak Pemda buat master Plannya segera, nanti saya tagih, biar Karo maju dan bermartabat, "akhir Gubsu tersebut.

(Jona T/ D'vd)

statusrakyat.com