Kerja Tahun Ndeskati Dihadiri Bupati Karo dan DPR RI, Tahun 2020 Sebanyak 30 Unit Rumah Akan Dibedah -->
Cari Berita

Advertisement

Kerja Tahun Ndeskati Dihadiri Bupati Karo dan DPR RI, Tahun 2020 Sebanyak 30 Unit Rumah Akan Dibedah

08 Maret 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, bersama Anggota Komisi V DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Bob Andika Mamana Sitepu, Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi, Msi, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Camat Naman Teran Dwikora Sitepu, Kabid DPMD Tomi Keliat, menghadiri acara Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih,Jumat (06/03) 2020 pukul 22.00 WIB, di Jambur Desa Ndeskati Kec. Naman Teran Kab . Karo.

Dikesempatan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH mengatakan kedatanganya atas undangan panitia dan masyarakat Desa Ndeskati, tentu ini sebagai kehormatan bagi saya dapat hadir, sesuai dengan kearifan lokal budaya Karo, "ujarnya.

Terkelin menilai, Kerja Tahun ini merupakan suatu kegiatan yang patut kita lestarikan, apa yang telah diciptakan oleh  para leluhur  kita, secara temurun , hingga sekarang, wajib kita pelihara demi pelestarian budaya. Ada pesan dari kepala Desa Ndeskati terkait jalan evakuasi sudah lama terlantar, untuk itu kedepan dalam waktu dekat ini saya akan bersama dinas terkait akan turun kelapangan, terlebih Desa ini disekitar lingkar Sinabung , jadi sangat perlu  jalan evakuasi apabila gunung Sinabung erupsi,"kata Bupati.

Apalagi ada anggota DPR RI bersama kita, maka semua usulan dapat dicarikan solusinya , disamping itu program program dari pusat banyak akan disalurkan oleh Bob Andika Mamana Sitepu, dengan berkolaborasi dengan Pemda Karo, "terangnya.

Pada kesempatan yang sama, anggota komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu, tahun lalu  sukses melenggang ke senayan mewakili Dapil Sumut 3 meliputi, Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Tanah Karo,  Dairi, Pakpak Bharat, Kota Siantar,  Simalungun, Batubara, Asahan dan Kota Tanjung Balai ini mengatakan berterimakasih kepada masyarakat Desa Ndeskati, dimana atas dukungannya saya dapat duduk di DPR RI.

Dimana tahun lalu saat Pemilu ,digelar, Bob mengklaim Desa Ndeskati sekitar lingkar gunung Sinabung salah satu pendukungnya yang terbanyak memperoleh suara ada 4000-an.Untuk itu, kehadiran saya ini atas undangan panitia dan keluarga yang tinggal di Desa Ndeskati, dan tidak terlepas Pemda Karo sebagai mitra Pemerintah Pusat ditambah Bupatinya  hubungan emosional sangat dekat dengan saya, maka Pak Terkelin Brahmana saya ajak sama sama hadir,"jelasnya.

Menurut Bob, tahun 2020 ini khusus Desa Ndeskati program pusat telah saya lobi dan akan disalurkan berupa program Bedah Rumah dari Kementerian PUPR, sebanyak 30 unit rumah.

Iya 30 unit khusus, untuk  Desa Ndeskati sekitar lingkar gunung Sinabung saja, sedangkan untuk Se-kab.Karo ,nantinya sudah ada 658 unit bedah rumah disiapkan dan  program ini akan  berjalan tahun 2020 semuanya,"tegas Bob dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Sementara Kades Ndeskati Rahmat Sitepu, mengatakan berterimakasih atas kedatangan Bupati dan anggota DPR RI yang sudah meluangkan waktu menghadiri kerja tahun Nimpa Bunga Benih yang seyogianya dulu kami melaksanakan pada bulan Oktober, jadi namun kesepkatan masyarakat, maka kerja tahun Nimpa Bunga Benih dialihkan setiap bulan Maret,"ucapnya.

Lanjut Kades, apa yang telah direncanakan oleh Bupati dan anggota komisi V DPR RI tadi, kami atas masyarakat Desa Ndeskati sangat mengapresiasi dan berterimakasih setinggi tingginya, dimana Desa kami dilingkar gunung Sinabung masih ada perhatian Pemda Karo dan Pusat, "jelasnya.

Rahmat mengaku semua ini pasti ada proses dan adanya campur tangan dari Bob Andika Mamana Sitepu sebagai anggota DPR RI, sehingga bedah rumah yang akan dilaksanakan tahun 2020 ini sungguh sangat terbantu bagi kehidupan masyarakat Ndeskati, harapan kami teruslah berbuat demi masyarakat Tanah Karo kedepannya, "ucapnya.

Hal senada dikemukakan Muspika Naman Teran yang diwakili Camat Dwikora Sitepu, membenarkan bahwa historis Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih dulu awalnya di Kecamatan Naman Teran dilaksanakan setiap bulan Oktober.
Seiring perjalanan, masyarakat Desa Ndesakti akhirnya  mengalihkan kerja tahun Nimpa Bunga Benih yang dianggap bulan Maret membawa berkah dan rejeki bagi masyarakat Ndeskati, "terangnya.

(Jona T/D'vd)

statusrakyat.com