Warga Berastagi Yang Positif Covid - 19 Berangsur Membaik -->
Cari Berita

Advertisement

Warga Berastagi Yang Positif Covid - 19 Berangsur Membaik

09 April 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo -Terkait isu yang sudah Viral terhadap adanya salah satu warga Berastagi yang telah dinyatakan positif Covid-19 yang kini sudah mulai membaik, pihak Dinas Kominfo Karo, Rabu (08/04) 2020 sekira pukul 12.30 WIB  memberikan keterangan melalui Akunnya yang membenarkan perihal tersebut bahwa berdasarkan hasil informasi dari pihak Rumah Sakit Colombia Medan terdapat 1 (satu) orang  warga Kabupaten Karo beralamat di jalan Veteran Berastagi berjenis kelamin wanita.

Dan sesuai keterangan keluarga Pasien mempunyai riwayat perjalanan bepergian selama 3(tiga)  minggu ke Surabaya dan kembali ke Berastagi pertengahan Maret 2020, dengan kesadaran sendiri melakukan isolasi mandiri  dirumahnya, namun selesai isolasi mulai muncul gejala batuk dan demam sehingga tanggal 31 maret 2020  keluarga membawa Pasien untuk dirawat di RS Columbia tanpa melaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Karo.

Lantas Dinas Kesehatan bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo, setelah mendapat informasi sejak tanggal 07 April 2020 melakukan pelacakan orang orang yang mempunyai riwayat kontak dengan Pasien tersebut guna pencegahan penyebaran, "demikian disebutkan pihak Gugus Tugas melalui Akun Kominfo Karo.

Menurut Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Karo,dr Irna Safrina Meliala "pihaknya telah melakukan Rapit Test dengan hasil sementara Negatif namun demikian keluarga tersebut diwajibkan melakukan karantina mandiri terlebih dahulu. Dan saya himbau kepada kita semua tetap lakukan sosial Distancing, Phsycal Distancing, cuci tangan dengan bersih, jauhi kerumunan dan lebih baik tetap dirumah dan wajib gunakan masker bila harus keluar rumah,semua harus disiplin, "ucapnya.

Sementara itu menurut Jimbo Purba selaku tokoh masyarakat mengatakan," kita semua agar tidak mudah panik, jangan gampang menerima sumber berita yang tidak jelas yang bisa memancing keributan, mari patuhi aturan yang ada terlebih himbauan pemerintah tentang penanganan Covid-19 dijalankan.
Dan  juga saya himbau kepada orang tua atau keluarganya, bila ada anak atau sanak familinya yang baru datang dari luar daerah Karo, baiknya di laporkan langsung ke Kepala Desa atau ke Kepling masing masing lah, ini semua demi kenyamanan dan kesehatan kita bersama, agar kita semua tidak was was,"kata Jimbo Purba yang juga Ketua Plt. IPJI KAB Karo ini.

Pantauan statusrakyat di lokasi hingga kini masyarakat Berastagi sudah kondusif dan berjalan seperti biasanya walaupun warung dan Ruko di sepanjang jalan  Veteran sudah ditutup, begitu juga setiap jalan ke Lorong apapun ke Gang rumah warga ada yang menutup permanen akses masuk dan ada pula yang menerapkan buka tutup untuk menjaga hal  hal yang tidak diinginkan sekaligus mengantisipasi warga yang keluar masuk. (Jona T/D'vd)

statusrakyat.com