Alat Pendeteksi Gempa Bumi Dan Tsunami Dipasang di Kabupaten Karo -->
Cari Berita

Advertisement

Alat Pendeteksi Gempa Bumi Dan Tsunami Dipasang di Kabupaten Karo

22 Juli 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Deli Serdang, memasang alat pendeteksi  dini gempa bumi dan tsunami atau  Smart display Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) di Kabupaten Karo. Alat pendeteksi dini gempa dan tsunami tersebut dipasang di Loby Kantor Bupati Karo, Rabu (22/07) 2020.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang Ibu Teguh Rahayu menyebutkan kami memasang peralatan yang bernama Warning Receiver System New Generation (WRS New Gen) dimana peralatan ini berfungsi untuk memberikan informasi dini kepada masyarakat terkait informasi tentang gempa bumi dan tsunami secara real time.

“Pemasangan WRS New Gen di Kantor Bupati Karo merupakan Smart Display yang memberikan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami secara real time” Jelas Teguh Rahayu.

Ibu Teguh Rahayu juga menambahkan bahwa untuk di wilayah Sumatera Utara sendiri pada tahun 2020 ini telah terpasang 11 alat WRS New Gen yang tersebar di Medan, Tapanuli Selatan, Samosir, Pakpak Bharat, Dairi, Padang Lawas, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Asahan, Labuhan Batu dan Karo.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH mengucapkan, ''terima kasih kepada BMKG yang telah memasang Smart Display Warning Receiver System New Generation di lobby Kantor Bupati Karo, Display ini bisa memberikan informasi dini gempa dan tsunami secara real time. Semoga peralatan ini dapat mempermudah dalam memberikan informasi di daerah Kabupaten Karo terkait gempa bumi dan tsunami sehingga Pemerintah dapat mengambil langkah lebih lanjut dan cepat, "ungkap Bupati Karo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kab Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si, Kadis Kominfo Jhonson Tarigan, dan Kabid BPBD Natanael Peranginangin. (D'vd)