Puting Beliung Landa Toba,1 Meninggal, Puluhan Rumah Rusak, Pemkab Bantu Warga -->
Cari Berita

Advertisement

Puting Beliung Landa Toba,1 Meninggal, Puluhan Rumah Rusak, Pemkab Bantu Warga

03 Juli 2020

StatusRAKYAT.com, Toba - Pemerintah Kabupaten Toba yang langsung  dipimpin Wabup Toba Hulman Sitorus,   meninjau sekaligus ikut membantu warga disejumlah lokasi rumah penduduk yang tertimpa musibah akibat angin puting beliung yang terjadi pada tanggal 1Juli 2020 sore di Kabupaten Toba khususnya di Kecamatan Sigumpar dan Kecamatan Siantar Narumonda.

Wabup Hulman didampingi Wakil Ketua TP.PKK Toba Ny.Iin Ruinah Hulman Sitorus dan sejumlah pimpinan OPD Pemkab Toba  kembali mengunjungi, melihat langsung rumah warga yang rusak, dan membantu warga, Kamis ( 2/7/2020).

Akibat musibah ini seorang warga Desa Nauli,Sigumpar , Helmina Panjaitan (58) alias Olivia Siahaan Boru) meninggal dunia karena tertimpa  seng dan broti di rumahnya.

Di kawasan Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) Sigumpar ini beberapa  tiang listik yang roboh diterjang angin puting beliung sehingga listrik padam selama beberapa jam.

Sebelumnya pada tanggal 1 Juli seusai terjadinya angin puting beliung Wakil Bupati Hulman Sitorus, Ketua TP. PKK Toba  Ny. Brenda Ritawatii Darwin Siagian, Sekdakab Audi  Murphyy Sitorus, dan puluhan pejabat Pemkab Toba langsung berkunjung, membantu, dan memberikan dukungan kepada keluarga yang Helmina Panjaitan (58) alias Olivia Siahaan Boru) yang meninggal akibat tertimpa seng dan broti dirumahnya.

"Pemerintah hadir  ditengah tengah masyarakat  dan akan membantu masyarakat Toba untuk meringankan beban masyarakat  dan beberapa hari yang lalu di Kecamatan Tampahan , Balige,  n hari ini lebih besar lagi karena akibat angin puting beliung ini   30 rumah di Kecamatan Siantar  Naromonda dan  50 rumah di Kecamatan Sigumpar rusak  terkena angin puting beliung," jelas Wabub Hulman.

Dallam kesempatan itu juga Wabub Hulman menghimbau kepada masyarakat unruk  berhati-hati terhadap cuaca ekterm yang terjadi.  "Tetap waspada dan berhati-hati terhadap cuaca ekstrem dan kejadian ini sudah beberapa kali terjadi  hendaknya pengalaman ini menjadi guru yang terbaik bagi kita, dan kita menghimbau masyarakat unrtuk bersama-sama  membersihkan pohon/ bambu yang  terkena bila angin kencang sehingga  tidak terjadi kroslet dan arus pln mati," himbaunya.(JMP)

statusrakyat.com