Kepedulian Bupati Karo Atasi Jalan Amblas Diapresiasi Masyarakat Barusjahe -->
Cari Berita

Advertisement

Kepedulian Bupati Karo Atasi Jalan Amblas Diapresiasi Masyarakat Barusjahe

01 Oktober 2020


StatusRAKYAT.com, Tanah Karo
- Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, didampingi Kadis PUPR, Edward Pontianus Sinulingga dan  Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi turun ke lapangan memastikan jalan Barusjahe – Serdang yang amblas, dalam dua pekan terakhir, sudah ditimbun oleh dinas terkait pada Kamis (01/10) 2020 di Barusjahe, Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo. 

Memastikan hal ini kita lakukan kroscek dilapangan dan melihat kondisi jalan yang sebenarnya, setelah ditimbun, apa masih ada kekurangan agar jalan tersebut dapat dilalui kembali oleh pengguna jalan, "kata Terkelin Brahmana,yang juga turut mendampingi Kabid Bina Marga Hendra Mitcon Purba, Camat Barusjahe Kalsium Sitepu dan Kades Barusjahe Muliadi Barus. 

Terkelin mengatakan," setiap ada kesulitan masyarakat, OPD terkait harus peka dan tanggap, apalagi menyangkut akses jalan sebagai penghubung antar Desa, antar Kabupaten, bahkan antar Provinsi, harus segera ditangani.Jangan biarkan masalah berlarut sehingga masyarakat terganggu dalam aktifitas sehari-hari yang berdampak ke sektor perekonomian, akibat lumpuh transportasi pengangkutan dari hasil pertanian masyarakat,” ujar Terkelin.

Sambung Bupati lagi, "semacam itu tidak kita inginkan, tentu kehadiran Pemerintah sangat diharapkan masyarakat, minimal jalan amblas ini sudah ditimbun dengan tanah, ini kita apresiasi ,” tambahnya.

Sementara Kadis PUPR, Edward Pontianus Sinulingga, membenarkan jalan ini amblas akibat faktor hujan lebat dan alam. Padahal dibadan jalan Barusjahe – serdang sudah ada pemasangan bronjong dengan kekuatan 17 jaring ditahun 2019.Edward mengaku setelah mendapat informasi dari Bupati, kemarin (30/09) 2020 kita langsung kerahkan dumtruk mengangkat tanah timbun, dan hari ini sudah clear semuanya,” ucap Edward.

Tempat yang sama,Camat Barusjahe Kalsium Sitepu menyampaikan, masyarakat Barusjahe mengapresiasi atas kepedulian Bupati Karo dalam menyikapi jalan amblas tersebut sudah ditangani, ini pesan masyarakat kepada saya, "terangnya. 

Tak jauh beda dengan Kades Barusjahe Muliadi Barus, menyampaikan," masyarakat Barusjahe mengucapkan terimakasih atas akses jalan ini sudah dapat dilewati kembali setelah mendapat perhatian dari pemerintah daerah Kabupaten Karo.

Pun begitu, Muliadi berharap antisipasi kemudian hari, apabila akses jalan Barusjahe – Serdang kembali amblas maupun longsor, maka masyarakat berharap jalan lama Barusjahe – Serdang kembali dibuka. Jalan tersebut masa zaman dulu, inilah yang dipergunakan sebelum jalan baru yang amblas tersebut ada.

Menurutnya Akses jalan lama ini memiliki panjang 2-2.5 Km dengan lebar 5 meter yang dapat menghubungkan ke Desa Buntu dan kedesa Serdang. Lantaran ada jalan baru, jalan lama terabaikan, padahal jalan lama ini, sangat membantu jalur alternatif mengantisipasi, bila jalan baru terputus dan terisolir akibat amblas dan longsor, sebab daerah akses jalan ini sangat rawan, karena sering terjadi bencana alam,"bebernya. 
(D'vd)