Usai Ditetapkan Melalui Rapat Pleno Terbuka KPU Selayar, Basli Ali Panjatkan Rasa Syukur -->
Cari Berita

Advertisement


ads

Usai Ditetapkan Melalui Rapat Pleno Terbuka KPU Selayar, Basli Ali Panjatkan Rasa Syukur

17 Februari 2021
350


StatusRAKYAT.com, Selayar
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan resmi melakukan penetapan terhadap pasangan H. Muh. Basli Ali dan H. Saiful Arif, SH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Selayar terpilih, hasil pilkada serentak tahun 2020.

Penetapan pasangan H. Muh. Basli Ali dan H. Saiful Arif, SH, dikemas jajaran Komisioner KPU Kepulauan Selayar, dalam bentuk rapat pleno terbuka dan dibuka untuk umum, pada hari, Senin, (25/01) bertempat, di ruang pola kantor bupati di ruas jalan Jend. Achmad Yani, Benteng.

Rapat pleno penetapan pasangan bupati dan wakil bupati Selayar terpilih hasil pilkada serentak tahun 2020, dihadiri Sekretaris Daerah, Dr. Ir. Marjani Sultan, M.Si, bersama segenap pimpinan dan anggota DPRD serta jajaran anggota forkopimda.

Acara tersebut juga turut dihadiri oleh jajaran Asisten, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Camat, lurah, dan kepala desa.

Selain itu, ikut hadir, para pimpinan partai politik pendukung dan pengusung pasangan calon, serta para lo.

Rangkaian rapat pleno yang diawali dengan pembacaan berita acara hasil perolehan suara itu, ikut dihadiri oleh pasangan bupati dan wakil bupati terpilih, H. Muh. Basli Ali dan H. Saiful Arif, SH.

Mengawali rangkaian rapat pleno terbuka, Ketua KPU Kepulauan Selayar, Nandar Jamaluddin yang bertindak selaku pimpinan rapat menegaskan, "rapat pleno penetapan pasangan bupati dan wakil bupati Selayar, terpilih diselenggarakan dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan covid 19 sesuai ketentuan regulasi dan perundang-undangan yang diatur secara jelas melalui lembaran PKPU tentang penyelenggaraan pilkada di masa covid 19".

Usai menyampaikan sambutan pengantar, Nandar kemudian membacakan berita acara hasil perolehan suara, sebanyak, 48.592 dan atau 62 persen lebih yang berhasil diraih oleh pasangan bupati dan wakil bupati usungan Partai Golkar, Partai Nasdem, PAN, Hanura, Gerindra, dan PDI-P, tersebut.

Setelah dibacakan, dokumen berita acara hasil perolehan, selanjutnya diserahkan ketua kpu kepada pasangan bupati dan wakil bupati terpilih yang baru saja ditetapkan oleh kpu melalui rangkaian rapat pleno terbuka dan dibuka untuk umum yang ditayangkan secara live melalui siaran live streaming di halaman facebook Humas KPU Selayar.

Bupati Selayar terpilih, H. Muh. Basli Ali yang berkesempatan memberi sambutan di sela-sela acara rapat pleno, secara umum menyampaikan rasa syukur dengan berjalan lancarnya rangkaian rapat pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih, sebagai salah satu rangkaian dan tahapan penting dalam proses berdemokrasi di Kabupaten Selayar yang berlangsung dalam suasana kondusif, aman, dan terkendali.

"Sinergitas dan kolaborasi kerjasama semua pihak yang telah bahu-membahu menyukseskan penyelenggaraan pilkada, merupakan sebuah hal yang patut untuk diapresiasi".

Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri kata dia, karena ini menjadi pilkada kali pertama  dengan tingkat partisipasi pemilih tertinggi yang mencapai 83,24 persen dan menempatkan Selayar di urutan kedua kabupaten kota penyelenggara pilkada dengan tingkat partisipasi pemilih kedua tertinggi kedua, setelah Kabupaten Pangkep.

Kita juga patut bersyukur dan bangga karena penyelenggaraan pilkada yang sebelumnya kerap diwarnai dengan bermunculannya berita hoax dan ketegangan, akhirnya berlalu dengan aman dan lancar tanpa gangguan ataupun gesekan yang berarti.

Hal ini diakui Basli, tak lepas dari campur tangan dan pertolongan Allah dan sekaligus menjadi indikator dari semakin tingginya kesadaran warga masyarakat Selayar dalam memperjuangkan hak politik mereka, kuncinya. (Andi Fadly Dg. Biritta)

statusrakyat.com