Kehadiran Pesawat JAT Di Lanud Suwondo Memukau Masyarakat Medan -->
Cari Berita

Advertisement

Kehadiran Pesawat JAT Di Lanud Suwondo Memukau Masyarakat Medan

22 Maret 2019


StatusRAKYAT.com - MEDAN,Bandara Lanud Suwondo, Tim Pilot TNI AU Jupiter Aerobatic Team (JAT) melakukan atraksi akrobatik di langit Kota Medan, yang sontak memukau para pengunjung di kawasan udara Base Ops Lanud TNI AU Soewondo Sumatera utara, Kamis (21/3/2019)

Atraksi tersebut, dilakukan Tujuh  unit pesawat KT-1 Wong Bee yang diterbangkan Tim Jupiter melalui aneka manuver di udara, mulai dari Arrow Head Pass, Leader Benefit, Vulcan Formation, Tactical Land Close Pattern.

Setiap gemuruh suara yang terdengar langsung membangkitkan decak kagum dan rasa bangga dari warga yang menyaksikan secara langsung di lapangan udara itu, yakni ada sekitar kurang lebih 5000 masyarakat mulai dari pelajar, anak-anak taman kanak-kanak, dan masyarakat umum.

Kebanggaan terhadap penerbang-penerbang terbaik bangsa ini semakin bertambah setelah mengetahui Tim Jupiter bakal unjuk kebolehan pada event internasional Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) 2019, di Malaysia, 26-30 Maret 2019.

Wing commander Aerobatik Jupiter TNI AU, Kolonel Pnb Dedy Susanto, mengungkapkan “kehadiran Tim Jupiter di Medan khusus untuk menghibur warga Medan dalam rangka menyambut Bulan Dirgantara dengan menyajikan beragam manuver pesawat yang juga akan ditampilkan di ajang internasional pekan depan”

“Fokus kami di Langkawi nanti, di sini kami hanya menghibur warga Medan dalam peringatan Bulan Dirgantara,” terang Dedy Susanto kepada wartawan usai melakukan aksi aerobatik.

Tim JAT membawa 7 unit pesawat dengan 14 anggota tim penerbang dan 42 kru dan 7 personel pendukung. JAT sendiri sudah cukup dikenal di berbagai event nasional maupun internasional, selain di Langkawi, mereka juga pernah tampil di Singapura, Thailand, hingga Brunei.

Sementara, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey menyampaikan “kami meminta maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat kota medan atas keterlambatan kehadiran pesawat JAT, dikarenakan Cuaca hari ini tidak mendukung baik di Palembang dan Pekanbaru” tutupnya (SR02)