Bupati Karo : Penghujung Tahun 2019 Tahura Dapat Dijadikan Ajang Wisata Alam The Best -->
Cari Berita

Advertisement

Bupati Karo : Penghujung Tahun 2019 Tahura Dapat Dijadikan Ajang Wisata Alam The Best

20 Desember 2019

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Taman Hutan Raya (Tahura) di Kabupaten Karo, menjadi salah satu icon destinasi wisata handalan di Sumatera Utara terletak di Kab Karo , namun selama ini disayangkan kurang perhatian sentuhan dari propinsi sumut, dan berkolobarasi dengan pemerintah Kab Karo.

Untuk membenahi dan menggenjot Tahura menjadi indikator adanya  minat kunjungan wisata baik lokal maupun manca negara, dibutuhkan kerjasama Pemprovsu dan Pemda Karo serta  melibatkan stakeholder lainnya.
Demikian dikatakan Dirut Perusahaan Daerah (PD) Aneka Industri dan Jasa (AIJ)  Renny Maisyarah, Kamis (19/12) 2019 pukul 16.20 WIB saat audensi, diterima oleh Bupati Karo didampingi  sejumlah SKPD di ruangan Command Center.
Menurut Renny, datang menawarkan ini kepada Pemkab Karo dalam pengembangan  pengelolaan wisata alam Taman Hutan Raya (Tahura), karena perusahaannya sudah dihunjuk oleh Pemprovsu dalam hal Wagub Musa Rajeksah meminta dirinya fokus dan menata Tahura lebih khusus segi pembangunan,"ujarnya.

Namun demikian, sebelum pembangunan direncanakan ditahun 2020, pihaknya ada membuat program menarik dipenghujung tahun 2019 ini, kami akan menyelenggrakan  8 (delapan) event kegiatan dalam menggenjot wisata alam  tahura,terbuka untuk umum.
Semisal pesta bunga, pesta kembang api, Festival musik tradisional  etnik, perlombaan nyanyi Guro Guro Aron,  Festival buruh, keliling naik kuda, Foto Sport, festival 1000 tenda. Rencana kegiatan ini, akan kita jadwal tanggal 27 Desember 2019 s.d 2 Januari 2020 atau selama 1 minggu.

Selain diatas panitia kelompok kerja akan menyediakan 50 tenda kuliner bahkan Rental sepeda kita siapkan, hal ini tentu untuk menarik perhatian masyarakat agar Tahura ramai dikunjungi dan lebih spesial lagi bagi berminat  lomba lari 10 Km, juga diadakan, start taman Mejuah Juah finish di Tahura , pelaksanaan tanggal 30 Desember 2019, "jelas Renny.

Semua ini, mohon dukungan dukungan dan kolobarasi dari  Pemda Karo , apa yang bisa dibantu agar Dinas OPD terkait diikutsertakan, sehingga apa yang belum terpenuhi, pihaknya akan menyampaikan kepada pak Wagub sesuai intruksi saya terima, hal ini agar dicari jalan keluarnya, supaya even ini dapat terselenggara dengan baik dan sukses,"cetusnya.
Lanjutnya delapan even ini, kita serahkan kepada komunitas komunitas masing masing dalam menyelenggrakan yang sudah kota sebutkan tadi, kita hanya fasilitas tempat, intinya demikian,"ucap Renny.

Menyahuti usulan Dirut Perusahaan Daerah (PD) Aneka Industri dan Jasa (AIJ)  Renny Maisyarah, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH merespon dengan positif, sebab dengan adanya rangkaian kegiatan Dipenghujung tahun diwilayah Tahura, sudah tentu Kab Karo akan menjadi rebutan masyarakat saat liburan Natal dan jelang menyambut Tahun Baru, 'ujarnya.
Pada prinsipnya kami Pemda Karo siap mendukung, delapan 8 yang ditawarkan, dalam menggenjot wisata alam Tahura, ini momen jarang ada, untuk itu, ibu Dirut Perusahaan Daerah (PD) Aneka Industri dan Jasa (AIJ)  Renny Maisyarah, segera buatkan bentuk  tim, caranya mana dinas terkait yang dilibatkan sebagai penyelenggara, masukkan dalam group whatsapp, supaya komunikasi lebih cepat,"tekan Terkelin.
Lanjut Bupati, untuk merampungkan kegiatan ini agar selanjutnya hari senen (23/12) 2019 pukul 14. 00 WIB ada pertemuan lanjutan, dalam pembahsaan teknis dan lainnya agar segera diumumkan kepada publik, agar masyarakat mengetahui Tahura tahun 2019 "The Best",imbuhnya.
Acara audensi ini turut dihadiri oleh kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Msi, kepala pertanian Metehsa Purba, kepala DPMD Abel Tarawai Tarigan, Plt koperasi Ridwan Ginting, Camat Dolat Rakyat Leo Girsang, Camat berastagi Mirton Ketaren,karantina Belawan Syahrizal. (Jona T/ D'vi)