Lomba Dayung Tradisional Meriahkan Hari Jadi Toba Ke-21 -->
Cari Berita

Advertisement

Lomba Dayung Tradisional Meriahkan Hari Jadi Toba Ke-21

10 Maret 2020

StatusRAKYAT.com, Toba - Memeriahkan Hari Jadi Toba Ke-21 Pemkab Toba bekerja sama dengan KONI dan Persatuan Olah Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) menggelar lomba dayung tradisional di kawasan objek wisata Pantai Ulak Desa Siregar Aek Nalas,  Kecamatan Uluan Kabupaten Toba, Selasa (10/3/2020).

Bupati Tobasa Darwin Siagian yang diwakili Assisten II Ekonomi Pembamgunan Sahat Manullang mengatakan Pantai Ulak Desa Siregar Aek Nalas,  Kecamatan Uluan Kabupaten Toba adalah tempat wisata yang sangat  sangat potensial untuk dikembangkan.

"Akses ke Uluan mudah ditempuh, setelah akses atraksinya juga harus ada. Atraksi  budaya dan olah raga melalui lomba dayung tradisional akan menjadi  acara tahunan disini," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Toba  mengharapkan untuk tahun depan perlombaan dayung tradisional lebih meriah. "Kami berharap kerjasama Pemkab dengan KONI dengan perencanaan yang lebih sempurna dan lebih matang sehingga masyarakat dapat merasakan peningkatan ekonomi," ujarnya.

Sementara Flores Manurung Ketua  PODSI Toba menjelaskan sebanyak 78 peserta yang terdiri dari 32 peserta lomba marsada-sada, dan 46 peserta lomba mardua-dua, mengikuti Lomba Dayung Tradisional guna memperebutkan piala bergilir dan sejumlah hadiah menarik.

Sejalan dengan Ketua PODSI Toba Ketua KONI Toba Maradona mengatakan Kejuaraan lomba dayung ini juga ditujukan untuk menyeleksi atlet untuk mengukuti kejuaraan Solu Bolon yang akan dilaksanakan nantinya pada bulan September 2020 di Samosir.

Camat Uluan Henry Butar Butar mengapresiasi masyarakat Desa dalam mensukseskan acara tersebut sehingga pariwisata di Kecamatan Uluan bisa diorbitkan.

"Kecamatan Uluan  merupakan kecamatan yang terpanjang pantainya di Toba dan berbagai tempat  di Uluan ini potensi pariwisatanya sangat baik diantaranya air panas siregar aek nalas dan pantai  lainnya yang layak  untuk tempat wisata," ujarnya.

Kades Siregar  Aek Nalas Evendi Siregar, mengharapkan dengan kegiatan ini mendorong niat dan semangat warganya mengertinya pentingnya  kebersihan dan sadar wisata.

 "Dengan pintu terbuka kami menerima kegiatan ini, kami juga  bangga atas kegiatan ini,  mudah mudahan mendorong niat dan semangat warga desa untuk sadar tentang kebersihan , wisata, dan setiap hari kamis kami mengadakan aksi pungut sampah dan ini merupakan awal kebangkitan pariwisata Siregar Aek Nalas termasuk Kecamatan Uluan," jelasnya.

Acara yang dihadiri sejumlah Ka. OPD Toba, Forkopimda dan ratusan masyarakat yang antusias mengikuti acara tersebut, diselingi dengan hiburan tortor dari SMP Negeri 2 Uluan  dan Sanggar Seni Sigaol Barat.(JMP)