Tujuh Bulan Honor Belum Cair, Kades dan Perangkat Desa Sekabupaten Karo Mengeluh -->
Cari Berita

Advertisement

Tujuh Bulan Honor Belum Cair, Kades dan Perangkat Desa Sekabupaten Karo Mengeluh

06 Juli 2020

StatusRAKYAT.comTanah Karo - Sejumlah Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa Sekabupaten Karo mengeluh akibat dari honor mereka yang hampir memasuki bulan ke 7 (tujuh) tak kunjung cair hingga kini sehingga Kades dalam menjalankan roda Pemerintahan Desa banyak mengalami kendala.

Seperti diungkapkan salah satu Kades di Kabupaten Karo yang tidak mau namanya di sebutkan demi jabatannya ketika dikonfirmasi wartawan Senin (06/07) 2020 mengatakan  bahwa ADD , DD sangat dibutuhkan oleh Desa untuk menunjang program dalam menjalankan roda pemerintahan, namun kenyataannya memasuki bulan Juli  2020 , ADD tak kunjung cair khususnya Honor Kades dan Perangkat nya.

Memang pembagian BLT dari Dana Desa, baik tahap pertama sampai tahap ketika sebagian sudah di salurkan , tapi honor kami sampai detik ini kok belum ada pencairan. Seharusnya Pemkab Karo  melalui Dinas terkait harus cepat mencairkan ADD ini, namun kami sayangkan belum ada titik terang kapan honor kami terima" keluh Kades tersebut.

Sementara dalam mendukung program dari Kabupaten dan melaksanakan kegiatan perlu Dana dan ADD selama ini digunakan untuk kepentingan masyarakat banyak yang sudah ada diatur dalam pos kegiatan.

"Kalau tidak ada Dana, kita terpaksa berhutang dalam melaksanakan kegiatan, tetapi untuk membayar honor Perangkat Desa terpaksa menunggu dana tersebut cair, bahkan utang - utang pun sudah ada disalah satu toko dalam pembelian Disinfektan untuk penyiraman di lingkungan Desa dalam mendukung kinerja Gugus Tugas untuk memutus mata rantai virus corona ini " kata Kades tersebut menambahkan.

Jadi kami harapkan kepada Pemerintah Kabupaten Karo agar secepatnya mencairkan Dana Desa tersebut agar roda Pemerintahan Desa bisa berjalan kembali . Ya kalau bisa , paling tidak honor perangkat inilah kita dulukan, karena sudah hampir 7 bulan tak gajian , kan kasihan kita melihat kondisi ini , bahkan untuk dapur mereka pun, dari honor merekalah yang di harapkan.

Lanjutnya lagi, "sementara bantuan bantuan - Sembako kan kami sebagai Pemerintah Desa tidak berhak mendapat bantuan baik dari BLT , BST maupun dari yang lainya. Jadi besar harapan kami , agar instansi terkait sesegera mungkin mencairkan Dana Desa agar honor perangkat maupun kades bisa di bayaran, "kata Kades tersebut .

Terpisah Camat Berastagi Mirton Ketaren ketika di konfirmasi wartawan dengan keluhan Kades tersebut mengatakan , apa yang di sampaikan Kades tersebut memang betul. Benar sampai saat ini honor Kepala Desa maupun perangkatnya belum cair. Tapi apa boleh buat , dengan situasi kita pada saat ini , pemerintah pun tidak bisa juga kita salahkan, bahkan kita melihat langsung di tengah Pandemi ini , sangat banyak anggaran yang terserap untuk menangani Covid-19 Ini, baik bantuan BLT, BST maupun bantuan Sembako. Jadi kita berharap kepada Kades maupun stafnya semua agar bersabar. Mudah mudahan dalam waktu dekat ini , pencairan honor Kades dan perangkatnya bisa terealisasi, "terang Camat.

( D'vd)