Pengerjaan Rambing Hutabarat Jangan Terkendala, Warga Hutapinungka Pindahkan Pipa Air Bersih -->
Cari Berita

Advertisement

Pengerjaan Rambing Hutabarat Jangan Terkendala, Warga Hutapinungka Pindahkan Pipa Air Bersih

30 Oktober 2021



StatusRAKYAT.com , Tapanuli Utara -
Warga Dusun Hutapinungka dan sebagian warga lainnya bersama Babinsa Desa Parbaju Toruan Kecamatan Tarutung, bergotong royong bersama - sama untuk memindahkan pipa air bersih yang digunakan masyarakat Desa Parbaju Toruan. Dimana peruntukan air bersih tersebut digunakan oleh dusun Hutapinungka, Lumbanrampa, Lobu Silindung dan Jln Gereja GKPI kurang lebih 250 kk. Inisiatif warga Hutapinungka tersebut untuk memudahkan pembangunan pekerjaan rambing Hutabarat. Pasalnya, kabel sling yang digunakan selama ini mau dibuka, biar jangan terkendala pengerjaan rambing Hutabarat.

Timbul Hutabarat tokoh masyarakat dusun Hutapinungka saat ditemui dilokasi (30/10)  mengatakan, pemakaian air bersih tersebut dipergunakan kurang lebih 250 kk di Desa Parbaju Toruan. Dimana selama ini pipa air bersih di cantolkan di sling jembatan Rambing Hutabarat. Berhubung ada pembangunan rehab rambing Hutabarat, kita warga Hutapinungka bergerak hati untuk melakukan gotong royong, agar jangan nantinnya air bersih yang digunakan setiap hari tidak mengalir ke rumah warga. "Kita warga Hutapinungka, warga lainnya bersama Pak babinsa melakukan gotong royong untuk memindahkan pipa air bersih ini, juga mengalihkan sling untuk sementara waktu, agar pengerjaan pembangunan jembatan rambing Hutabarat jangan terkendala"terang Timbul.


Warga lainnya Manihar Soritua Hutabarat sekaligus calon Kades Parbaju Toruan no urut 1 terpanggil untuk menggerakan warga Dusun Hutapinungka, para Pemuda bersama - sama melakukan gotong royong untuk pemindahan air bersih tersebut. "Semalam saya dihubungi oleh Pak Babinsa, agar memindahkan pipa air bersih tersebut. Kita langsung melakukan musyawarah dengan warga Hutapinungka untuk memindahkan pipa air bersih tersebut dibantu dengan warga lainnya dan Pak Babinsa,"ungkap Manihar. Dia menjelaskan, pemindahan pipa air bersih tersebut dilakukan secara bergotong royong tanpa memungut sepeser pun dari warga lainnya yang menggunakan air bersih. Jika ada pun pengeluran untuk pembelian bahan material untuk pemindahan air pipa, dengan suka rela tanpa ada unsur politik Pilkades. "Saya rela memberikan materi dan ikut bergotong royong bukan karena saya ikut calon Pilkades, tapi saya ikut peduli untuk kepentingan bersama masyarakat Desa Parbaju Toruan"jelas Manihar.

Sementara itu C Hutabarat pengetua sekaligus Pemerhati Desa Parbaju Toruan mengungkapkan, warga Hutapinungka begitu sangat antusias melakukan gotong royong untuk pemindahan pipa air bersih biarpun banyak yang menggunakannya. "Mereka tidak ada yang bersungut-sungut, mereka gotong royong begitu semangat, dimana pemindahan pipanisasi air bersih dilakukan mulai pukul 09.00 wib hingga pukul 18.00 wib. Karena harus menyambung sling juga membuat tiang penyangga dan cantolan pipa"ujarnya. Dia menjelaskan selama ini sepengetahuannya, pengurus air bersih ada di Desa Parbaju Toruan, tapi ketika ada gotong royong untuk pemindahan air bersih pengurusnya tidak ada, bahkan perangkat desa tidak ada yang hadir untuk ikut bergotong royong. "Sebenarnya pengurus air bersih dan perangkat desa harus ikut menggerakkan gotong royong ini, tapi satu pun tidak ada yang hadir, ada pun yang hadir hanya BPD, itupun warga Hutapinungka. Untung ada langsung inisiatif warga Hutapinungka, kalau tidak, pemindahan pipanisasi air bersih tidak akan jadi, dan pembangunan jembatan rambing Hutabarat akan terkendala,"tuturnya. (Tulus Hutabarat)

statusrakyat.com