Penggunaan Dana Desa Najumambe Prioritaskan Kepentingan Warga -->
Cari Berita

Advertisement

Penggunaan Dana Desa Najumambe Prioritaskan Kepentingan Warga

06 November 2021


StatusRAKYAT.com , Tapanuli Utara  -
Warga Desa Najumbambe Kecamatan Pangaribuan rasakan manfaat penggunaan Dana Desa yang dari pusat. Dimana sejak ada Dana Desa yang dikucurkan dari Pemerintahan Pusat banyak perubahan, seperti pembangunan jalan usaha tani, pipanisasi air bersih ke rumah warga, pengaspalan jalan, pengerasan jalan serta jalan rabat beton ke dusun - dusun. Begitu juga pembangunan dari Pemeritahan Tapanuli Utara yang membuat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampai warga Desa Najumambe, T Siregar (06/11). Dia mengatakan penggunaan Dana Desa di Desa Najumambe adalah skala perioritas dengan cara musyawarah dengan Pemerintahan Desa dan masyarakat. "Kita sangat bersyukur berkat adanya Dana Desa dari pusat, banyak pembangunan di Desa kita. Sehingga memajukan desa dan meningkatkan taraf hidup masyarakat"ungkapnya. Dia menjelaskan, penggunaan Dana Desa seperti fisik adalah pembangunan pengaspalan jalan, pengerasan jalan, pembangunan jalan usaha tani, pembukaan jalan, jalan rabat beton ke dusun - dusun serta pipanisasi air bersih. "Dulu jalan ini berlumpur tapi setelah adanya pembangunan jalan aspal dari dana desa kami sudah tidak berlumpur lagi jika melewatinnya. Kami juga sangat antusias melihat kepala desa, begitu getolnya memajukan desa ini"bebernya.

Senada disampaikan M Siregar, dia mengungkapkan, penggunaan Dana Desa di Desa Najumambe begitu sangat bermanfaat. Dimana air bersih sudah bisa sampai ke rumah - rumah warga Desa Najumambe. Bahkan jalan ke kebun sudah bisa dilalui roda dua dan empat. Sehingga hasil pertanian warga tidak susah lagi sewaktu musim panen, seperti getah karet. "Kemajuan desa kita ini sudah lebih baik dari kondisi puluhan tahun yang lalu. Sudah banyak perubahan. Apalagi kepala Desa kita sifatnya hanya untuk membangun dab memajukan Desa Najumambe tanpa mementingkan diri ataupun keluarga"teranganya.

Sementara itu kepala Desa Najumambe Kecamatan Pangaribuan Pukka Siregar saat ditemui mengatakan pembangunan fisik dari Dana Desa adalah hasil musyawarah bersama masyarakat, dimana yang paling diprioritaskan untuk  kepentingan bersama atau masyarakat tidak kepentingan perseorangan. Adapun fisik yang dibangun dari Dana Desa yaitu, Jalan Usaha tani, Pembukaan Jalan, Pengaspalan Jalan, Pengerasan jalan, Pembangunan jalan rabat beton dan pipanisasi air bersih dan pembangunan lainnya. Dia juga menegaskan agar masyarakat juga berpartisipasi untuk menjaga dan memelihara pembangunan tersebut, karena manfaatnya untuk kepentingan bersama. Pukka Siregar mengungkapkan, bukan hanya dari Dana Desa ada Pembangunan di Desa Najumambe ada juga Pembangunan dari Pemerintahan Tapanuli Utara. Kami juga bertrimakasih kepada Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan atas perhatiannya untuk Desa Najumambe Kecamatan Pangaribuan.
(Tulus Hutabarat)

statusrakyat.com