Warga Bingung, Ada Proyek Siluman -->
Cari Berita

Advertisement

Warga Bingung, Ada Proyek Siluman

04 November 2021


StatusRAKYAT.com , Tapanuli Utara  -
Warga Najumambe Kecamatan Pangaribuan penuh tanya, ada proyek pembangunan jalan di Desa mereka tidak ada plang sebagai papan informasi. Proyek tersebut menurut perkiraan mereka memakan biaya ratusan juta rupiah, tapi tidak tahu dari Dinas mana proyek pengerjaannya.

P Pakpahan warga Desa Najumambe Kecamatan Pangaribuan saat ditemui dilokasi (04/11) mengatakan sangat bingung, ada proyek pembangunan jalan di Desa mereka, tapi tidak tahu dari Dinas mana, sebab plang proyek tidak ada dilokasi pengerjaan. "Kita bingung, dari Dinas mana pembangunan jalan ini. Apa dari Dinas PUR Taput, atau Dinas Pertanian. Ini seperti proyek siluman aja, tidak bertuan "terang Pakpahan. Dia meminta Pemkab Taput melalui Dinas terkait untuk memasang plang proyek, agar masyarakat jangan dibuat bingung. Apa pembangunan ini uang perseorangan, ada dari Pemerintah. Dia juga berharap pengerjaan jalan tersebut agar benar - benar dikerjakan sesuai spek dan RAB nya.

Hal sama disampai G Pakpahan, dia mengungkapkan pihak Pemerintahan Tapanuli Utara harus transparansi mengenai informasi proyek pengerjaan jalan di Desa Najumambe. Agar warga bisa mengetahui seberapa besar anggaran yang diperuntukkan ke pembangunan jalan yang sedang dibangun saat ini. "Kita harus tahu dong darimana berasal anggarannya, dan berapa besarannya. Kita masyarakat harus tahu, karena itu uang rakyat. Bukannya kita keberatan, malah kita sangat bertrimakasih kepada Pemerintah Taput untuk pembangunan jalan ini,"ujarnya.

Salah satu pemerhati Pembangunan D Nababan menjelaskan, jika ada pembangunan proyek harus serta merta ada plang proyeknya, jangan nanti ada sangkaan masyarakat, proyek tersebut proyek siluman tidak bertuan. Karena plang proyek tersebut sebagai papan informasi. Sehingga masyarakat bisa mengetahui dari Dinas mana, siapa rekanan, berapa besaranya. Masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi untuk melakukan pengawasan pekerjaan proyek supaya jangan dikerjakaan asal jadi. (Tulus Hutabarat)

statusrakyat.com