Pandemi Belum Usai, TNI AL Tak Absen Gelar Vaksinasi -->
Cari Berita

Advertisement

Pandemi Belum Usai, TNI AL Tak Absen Gelar Vaksinasi

29 Desember 2021


StatusRAKYAT.com , Manado - Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai, protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus berbahaya tersebut juga belum dicabut, untuk itu jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado tidak berhenti menggelar kegiatan vaksinasi di wilayah kerjanya.

Hal ini nyata dibuktikan oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Gorontalo yang menggelar serbuan vaksinasi di Desa Biluango, Kecamatan Kabila Bone, Gorontalo. Pada kegiatan tersebut Lanal Gorontalo berhasil memberikan vaksin kepada 174 orang dimana 96 orang menerima dosis pertama dan 78 orang dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac, Moderna dan Pfizer.

Sementara itu Lanal Tolitoli melaksanakan vaksinasi di Balai Desa Ginunggung Kecamatan Galang, Tolitoli telah memberikan vaksin kepada 35 orang terdiri dari 26 orang menerima dosis pertama dan sembilan orang dosis kedua menggunakan dosis jenis Sinovac.

Selain itu kegiatan vaksinasi rutin di pangkalan juga dilaksanakan Lanal Tahuna yang bertempat di Balai Kesehatan Lanal Tahuna menyuntikkan vaksin kepada 14 orang yang menerima dosis kedua menggunakan vaksin jenis Sinovac dan Astrazeneca. Balai Kesehatan Dikes Lantamal VIII memberikan vaksin kepada sepuluh orang diantaranya tiga orang menerima dosis pertama dan tujuh orang dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac. Begitu juga Balai Pengobatan Lanal Melonguane yang pada hari ini memberikan vaksin dosis kedua kepada tiga orang dengan jenis vaksin Sinovac.

Selama kegiatan vaksinasi maritim yang di gelar baik di dalam maupun luar pangkalan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19, dan sampai dengan selesai pelaksanaan tidak ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). 

Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA menghimbau kepada jajaranya untuk terus mendukung pemerintah dalam percepatan vaksinasi di tanah air.  Hal tersebut juga merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam memutus rantai penularan Covid-19. Danlantamal VIII juga menghimbau kepada masyarakat yang sudah di vaksin untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan baik diawasi maupun tidak.(red)