Desa Cangkingan Siap Wujudkan Desa Cerdas Penuhi 5 Kriteria -->
Cari Berita

Advertisement

Desa Cangkingan Siap Wujudkan Desa Cerdas Penuhi 5 Kriteria

27 Mei 2022


StatusRAKYAT.com , Indramayu - Pembangunan berbasis teknologi informasi dan komunikasi kini semakin berkembang. Salah satunya melalui pembangunan Desa Cerdas. 

Desa Cerdas atau Smart Village merupakan salah satu program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI)

Desa Cerdas merupakan langkah solutif dan inovatif untuk mengakselerasi berbagai pembangunan desa di Indonesia. Tujuannya adalah peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup dengan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa.

Terdapat 4 (empat) pilar yang harus di terapkan dalam pembangunan Desa Cerdas. Ke empat pilar tersebut yakni Smart People, yaitu menjadi tempat dan sumber informasi tentang ilmu pengetahuan yang di butuhkan masyarakat. Smart Governance, yaitu bermanfaat bagi pemerintah desa dalam penerapan e-governance, pelayanan publik yang transparan dan akuntabel. Smart Economy, yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan ekonomi  yang produktif untuk percepatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa, dan Smart Living, yaitu menginisiasi warga desa dalam menciptakan lingkungan yang sehat, asri dan bersih.

Desa Cerdas merupakan turunan dari Smart City yang bisa diterapkan di tingkat lokal desa. Dengan menjadi Desa Cerdas diharapkan berbagai kemudahan dan fasilitas bisa diakses oleh masyarakat yang pada akhirnya akan bermuara kepada kesejahteraan  masyarakat.

Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder yang telah menjadi Desa Digital sejak tahun 2019 lalu, kini terus melakukan berbagai inovasi dan berbagai terobosan lainnya. Saat ini dengan berbagai komitmen dari berbagai pihak, Desa Cangkingan siap menuju ‘Desa Cerdas’.

Kuwu Desa Cangkingan, Didi Wahyudi menjelaskan, saat ini di desanya sudah menerapkan 5 smart yang sudah dijalankan, untuk Smart People masyarakat Desa Cangkingan mendapatkan berbagai asupan berbagai informasi dari Pemdes Cangkingan baik melalui website maupun kanal media sosial.(Mtd)

statusrakyat.com