Polda Sumut Syukuran dan Repleksi Hari Jadi ke -71 Humas Polri -->
Cari Berita

Advertisement

Polda Sumut Syukuran dan Repleksi Hari Jadi ke -71 Humas Polri

13 November 2022


StatusRAKYAT.com , Medan - Polda Sumut melaksanakan acara Syukuran dan Repleksi Hari Jadi ke -71 Humas Polri, sekaligus peresmian ruang Pocast di Aula Tribrata Polda Sumut, Kamis  (10/11/2022) pukul 13.00 WIB.

Pada kesempatan tersebut Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Hadi Wahyudi mengapresiasi Kapolda Sumut dan seluruh PJU yang telah memberikan presure dan motivasi sehingga sukses dalam kegiatan kehumasan.

"Polda Sumut telah mencapai prestasi Polda terbaik dan ter-aktip di seluruh Indonesia dan mendapat 6 sampai 7 penghargaan pada hari Bhayangkara di Jakarta, berkat bimbingan dari Kapolda dan seluruh PJU," ucapnya.

Hady juga menyebutkan Humas Polda Sumut membuka kesempatan seluas - luasnya untuk melayani media dan sudah 
bermitra, mengetahui media yang mempunyai kredibilitas, integritas dan independen.

"Jika di lalu lintas kami menghadapi masyarakat tapi kalo di humas yang kami hadapi adalah media dan kami siap 1x 24 jam melayani media," tukasnya.

Acara ini di hadiri Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs Panca Putra RZ Simanjuntak, M.Si., Wakpolda Sumut Brigjend  Pol. Dadang Hartarto, Kasubbid Penmas AKBP Dr Herwansyah, S.H, M.Si, Kompol Muridan, Dirkrimum Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Dirresnarkoba Polda Sumut Kombes Pol Wisnu Aji.

Pada acara ini juga dilakukan bincang santai tentang Undang - Undang Keterbukaan Publik dan Kode Etik Jurnalistik.

Adapun co-host yang hadir : 
- Moderator Rahma Widayanti mandasari, S.S, M.Hum, Presenter dan Dosen.

- Nara sumber tentang kode etik jurnalistik dan hukum, Anggota Dewan Pers - Ketua Komisi Penelitian Pendataan dan Ratifikasi Dr.Ninik Rahayu, S.H, M.S.

- Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Hendriana.

- Nara sumber etika pers, Komisi Penelitian Dewan Pers,  Ketua umum PWI Pusat Atal S Depari.

- Nara sumber tentang Keterbukaan Informasi Publik dan wajah pers Indonesia  Dr Abdul Harris Nasution.

Turut hadir Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik, Pemimpin redaksi (Pemred) media dan wartawan.

Nara sumber Dr.Ninik Rahayu, S.H, M.S.dalam pencerahannya mengatakan  sebagai ketua pendataan dia  berkoordinasi dengan Kabidhumas tentang pelaksanaan UUPers dan Kode Etik Jurnalistik wartawan di Polda Sumut.

"Uda banyak yang bagus tapi masih ada yang membutuhkan pendampingan kata pak Hadi," ujarnya.

"Pak Hadi tidak pernah mengatakan jelek, hanya membutuhkan pendampingan," tukasnya.

Ketua umum PWI Pusat Atal S.Depari sebagai Nara sumber ke -2 mengingatkan wartawan  agar selalu berpedoman kepada kode etik jurnasistik.

"Ketika mengkonfirmasi, nara sumber belum ada waktu, anda harus menghargai itu, jangan memaksa," ujarnya.

Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Hendriana mengatakan Dewan Pers telah menangani  583 kasus/Oktober 2022 dan 492 kasus telah selesai.

"Dewan Pers hanya membela Pers yang profesional dan bertanggung jawab," ujarnya.

Kapolda Sumut dalam sambutannya mengapresiasi Kabidhumas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi yang telah sukses melaksanakan kegiatan kehumasan dan acara Syukuran dan Repleksi Humas Polri ke -71.

"Bukan mudah mengumpulkan orang sebanyak ini, untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada pak Hadi yang telah menyiapkan dan melaksanakan acara ini," ucapnya.

Kapolda juga mengapresiasi media yang telah menghadiri acara tersebut dan memberikan arahan kepada media menjadi profesional dan bertanggung jawab.

"Media punya kebebasan pers, yang kedua media mempunyai kedewasaan pers, yang ketiga media mempunyai kehebatan pers," ujar Kapolda," lanjut Kapolda.

"Media terus jadi mitra strategis, siapa yang mendapat informasi sebanyak- banyaknya dia akan jadi pemenang," pungkas Kapolda.

Acara diakhiri dengan penandatanganan prasasti podcasting Polda Sumut dan ucapan selamat ulang tahun Humas dan foto bersama. (JB).