Perayaan Natal Kaban Ras Anak Bruna Dr. Jhon Peter Roy Kaban "Kita Mau Menanamkan Dari Sekarang Toleransi Beragama" -->
Cari Berita

Advertisement

Perayaan Natal Kaban Ras Anak Bruna Dr. Jhon Peter Roy Kaban "Kita Mau Menanamkan Dari Sekarang Toleransi Beragama"

11 Desember 2022


StatusRAKYAT.com ,Medan - Perayaan Natal Kaban Ras Anak Beruna  yang dilaksanakan di Balai Namake Jalan Djamin Ginting Padang Bulan Medan, Sabtu 10 Desember 2022 berjalan dengan sukses dan penuh kekeluargaan. 

Karena pelaksanaan Perayaan Natal Kaban Ras Anak Beruna tersebut sesuai  bahkan lebih  dengan  apa yang diharapkan, karena semua  fasilitas baik konsumsi yang tersedia cukup ,  dana juga cukup dan lebih menyenangkan lagi  kalau dilihat  dari antusias anggota Kaban Ras Anak Beruna masih sangat tinggi, jadi pelaksanaan Natal kaban ras anak beruna  sukses  yang dikomnadoi Drs Suang Kaban. 

Demikian disampaikan Ketua  Umum Persadaan Kaban Ras Anak Beruna, dr. John Peter Roy Kaban kepada wartawan  seusai acara missa perayaa  Natal tersebut, Sabtu (10/12/2022). 

Perayaan Natal Kaban Ras Anak Beruna bertemakan, "E maka mulih ia arah dalan si deban ku negerina" Yang diambil dari Matius 2 : 12b dengan subthem " Alu Semangat Natal Sitingkatken Kiniersadanta Ibas Perkade-kadenta".Dengan Renungan Natal disampaikan Pdt. Sada Kata Ginting M.Th.


Roy juga menyampaikan ,  perayaan natal Kaban ras anak beruna tadinya diharapkan bukan hanya untuk  yang beragama Kristen, karena toleransi beragama itu harus kita tanamkan sejak sekarang. 

"Kita mau menanamkan dari sekarang toleransi beragama itu kita perkuat dan jangan lagi muncul intoleran-intolerayang terjadi beberapa waktu lalu di negara kita. 

Kita harapkan persadaan Kaban ras anak beruna memperkuat supaya kita yang sekarang dengan generasi kita ke depan persatuannya itu sangat kuat dan toleransi beragamanya itu pun sangat kuat sehingga kita harapkan yang non-Kristen pun ikut dalam perayaan ini. 

Tadi ada juga beberapa yang  datang  seperti kata ketua panitia tadi 90 persen karena mungkin ada juga  acara yang bersamaan, mungkin juga belum bisa hadir karena hujan atau karena ada acara keluarga atau ada sesuatu yang lain yang tidak bisa hadir.

Diharapkan persadaan kaban ras anak Beruna ini harus memperkuat  toleransi beragama persatuan dan kesatuan dari persadaran kaban ras anak Beruna dulu kita bergerakan, tutur Roy

Roy juga menjelaskan, beliau 2019 dilantik sebagai ketua persadaan kaban ras anak beruna dan 2020  masuk covid maka selama kurang lebih 2 tahun kegiatan vacum, maka sekarang  puji Tuhan mulai perayaan natal 2022 ini kegiatan berjalan lagi, kata Roy. 

Mudah-mudahan kedepan tidak ada kendala lagi itu kita bisa melaksanakan rutinitas dan bukan hanya untuk natal atau perayaan hari  besar agama lain pun diupayakan Kita juga bisa ikut merayakannya bersama di dalam persatuan keluarga besar persadaan kaban ras anak beruna. 

Lebih lanjut Roy menyampaikan, " kebetulan   dari tahun 2020 akhir sampai 2022 kita ikut menemani perjuangan anak kami keturunan Persadaan kaban  rasa anak beruna yakni  Raika Misa Kaban, beberapa kali kontestasi pertandingan mendapat juara satu dan kali ini beliau mewakili Sumatera Utara mengikuti PON Ke-21 tahun 2024 mendatang, ini harus terus kami suport, " kata Roy. 

Dengan demikian ke depan generasi persadaan Kabar ras anak Beruna kita support dan kita dukung bersama, karena banyak bukan hanya satu, dengan memberikan support dan dukungan itu sangat perlu dari orang tua, khususnya dari keluarga besar kaban ras anak beruna supaya semangatnya bertambah dan dapat Menoreh prestasi, karena kalau dia  Menoreh prestasi bukan hanya untuk dia tapi keluarga besar persadaan kaban ras anak Beruna, jelas Roy. 


Sebelumnya  Ketua panitia Natal Kaban Ras Anak Beruna, Drs Suang Kaban menyampaikan, pelaqksanaan Natal Kaban Ras Anak Beruna se -kota Medan dan sekitarnya yang awalnya didorong oleh pengurus persadaan Kaban se kota Medan dan sekitarnya yang diketuai  dr. John Peter Roy Kaban. 

"Karena  suasana covid dua tahun belakangan ini tidak bisa melaksanakan kegiatan dan setelah ini sudah bisa mulai pada kita berkumpul sehingga muncullah ide dari untuk melaksanakan perayaan Natal ini sekaligus buat perjumpan "Mbotu Ate Tedeh" yang diprakarsai ketua persadaan kaban ras anak Beruna Se kota Medan," kata  Suang. 

Suang juga menyampaikan "Terimakasih kepada ketua persadaan Kaban ras anak beruna  kota Medan dan sekitarnya yang diketuai  dr. John Peter Roy Kaban dan seluruh kaban dan anak beruna yang telah mendukung suksesnya perayaan natal kaban ras anak beruna", ucap Suang. 

Demikian juga  Merga Kaban Lau Lingga, Kaban Pernantin, Kaban Buluh Naman/Kaban Tua, kaban Bintang Meriah mengatakan sangat salut dan bangga dengan Persadaan Kaban Ras Anak Beruna Kota Medan dan Sekitarnya. 

Mereka juga menyampiakan " Saya terimakasih kepada sesepuh dan senior kaban mergana, kami mohon agar Kaban Mergana  dimana pun tinggal harus bersatu" tutupnya. (Jona Tarigan)