Rapat Pleno Hasil Penetapan Perolehan Kursi Anggota DPRD Indramayu -->
Cari Berita

Advertisement

Rapat Pleno Hasil Penetapan Perolehan Kursi Anggota DPRD Indramayu

02 Mei 2024

Ketua KPU Indramayu Masykur, M.Pd

StatusRAKYAT.com,Indramayu - Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Indramayu pada Pemilu 2024, Kamis, (2/5/2024).

“Sore ini kita sudah melaksanakan rapat pleno terbuka sebagai tahapan dan sesuai dengan jadwal Pemilu 2024, ini sesuai dengan ketentuan pasal 418 ayat (3) undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, termasuk dengan penetapan,” ucap Masykur, M.Pd.

Masih menurut Maskur, sebagaimana tertuang dalam berita acara  Nomor 97/PL.01.9-BA/3212/2024. Dimana tanggal 2 Mei 2024 terlihat penetapan kursi dan calon terpilih DPRD Kabupaten Indramayu.

Lebih lanjut, rapat pleno ini menjadi dasar bagi pelantikan anggota DPRD kabupaten Indramayu tahun 2024, juga sesuai dengan masa akhir jabatan anggota DPRD Kabupaten Indramayu tahun 2019,” tambah Masykur, M.Pd.

“Untuk kegiatan hari ini sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa DPRD kabupaten Indramayu ada 50 kursi, Partai Golkar 14 kursi, Partai PDI.P 12 kursi, PKB 10 kursi, Gerindra 6 kursi, PKS 3 kursi, Nasdem 2 kursi, Partai Demokrat 2 kursi, dan Perindo 1 kursi,” jelas Masykur, M.Pd

"Kegiatan ini secara serentak nasional bagi yang tidak ada PHPU nya karena itu lanjutan dari surat MK dan kalau pelantikan mereka itu tergantung masing-masing daerah Kalau tidak salah tanggal 29 Agustus 2024 kalau tidak salah nanti hasil ini akan diserahkan ke gubernur melalui Bupat, jadi hasilnya  nanti akan sesuai dengan PKPU 6 tahun 2024 mekanisme penetapan kursi partai politik dan dewan terpilih DPRD Pemilu tahun 2024," ujar Masykur M.Pd.

Perwakilan forkopimda diwakili semua,  berarti mereka sudah yakin, kalau tidak yakin, para ketua partai politik akan hadir.

"Harapan kami atas nama keluarga besar KPU Kabupaten mengucapkan selamat dan sukses untuk dewan Daerah DPRD dari Pemilu tahun 2024 dan selamat untuk partai politik yang menghasilkan kursi DPRD kabupaten Indramayu karena secara peringkat kursi pertama diraih oleh Partai Golkar dengan jumlah kursi 14 kemudian PDIP kursi 12, yang  Partai PKB kemudian 10 kursi itu 3 besar untuk kursi dewan terpilih," pungkasnya. ( Mutadi)