Guna Memperindah Kota Sekaligus Mengurangi Kemacetan, Jalan Selamat Ketaren Kabanjahe Kembali Ditata -->
Cari Berita

Advertisement

Guna Memperindah Kota Sekaligus Mengurangi Kemacetan, Jalan Selamat Ketaren Kabanjahe Kembali Ditata

17 Januari 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Pembenahan trotoar, drainase, pembangunan taman, serta pelebaran jalan protokol di Kota Kabanjahe yang menjadi kewenangan Pemkab Karo menjadi perhatian serius Bupati Terkelin Brahmana.

Sebagai upaya menata ruang kota, hari ini kita telah lakukan pengukuran untuk pelebaran jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe. Jalan protokol sepanjang sekitar 400 meter mulai dari Zentrum hingga bundaran Tugu Adipura Simpang Enam Kabanjahe itu akan diperlebar 8 (delapan) meter dari pinggir badan jalan sebelah kiri. Karena, sebagian lahan kosong disebelah kiri jalan yang semakin padat lalu lintasnya itu masih milik Pemkab Karo.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, MSI, Kepala Dinas PUPR, Edward Pontianus Sinulingga, Kabid Bina Marga, Hendra Mitcon Purba, Camat Kabanjahe, Leo Girsang, SSTP, Msi, saat melakukan pengukuran pelebaran badan jalan, Jumat (17/01) 2020 di Kabanjahe.

Menurut dia, pelebaran Jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe mulai dari Zentrum hingga bundaran Tugu Adipura Simpang Enam Kabanjahe untuk mengurai kepadatan dan kemacetan jalan yang sering mengganggu akses lalulintas mobil Ambulance milik RSU Kabanjahe.

Mengingat RSU Kabanjahe berada di Jalan Kapten Selamat Ketaren, jadi hal itu dipandang penting sekali, tentunya juga untuk menata keindahan kota Kabanjahe. Selain pelebaran, pembenahan trotoar dan drainase juga akan dilakukan untuk memperindah kota Kabanjahe dan juga kota Berastagi,"imbuh Bupati Karo.

Kepala Dinas PUPR Edward Pontianus Sinulingga menambahkan, lebar jalan Kapten Selamat Ketaren 9 (sembilan) meter dua jalur akan diperlebar 8 meter lagi, mengingat masih ada lahan kosong disebelah kiri jalan yang masih milik Pemkab Karo. “Nantinya jalan ini menjadi 17 meter dan akan dibuat lampu penerangan jalan umum (LPJU) di kolom pembatas jalan serta trotoar kiri kanan jalan, sehingga akan memperindah kota Kabanjahe,” jelasnya.

Upaya ini dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas. Bagi warga yang bermukim di sepanjang jalan dapat menyikapi hal ini dengan bijak dan membantu pemerintah dalam program Pemkab Karo menata keindahan dan estetika kota Kabanjahe,"tutur Edward.

Camat Kabanjahe, Leo Girsang menyampaikan,"pihaknya sudah menjadwalkan rapat bersama warga terdampak pelebaran jalan Kapten Selamat Ketaren di aula kantor Camat Kabanjahe, Senin (20/01) 2020 . “Nanti bersama Lurah Gung Leto, warga diundang musyawarah mufakat untuk memperlancar pelebaran jalan ini sesuai instruksi Bapak Bupati yang tujuannya untuk menata keindahan kota Kabanjahe sekaligus untuk mengurai kepadatan jalan ini,” terangnya.

Leo Girsang menambahkan, diharapkan masyarakat sekitar agar menyikapi dengan bijak dan mendukung pengerjaan proyek pelebaran dan peningkatan badan jalan dalam kota tersebut nantinya, yang tujuannya juga untuk kepentingan umum," tutupnya.

Salah seorang warga setempat, Rakut Tarigan (46) mengaku mendukung program Pemkab Karo menata kota Kabanjahe. “Dipastikan jalan ini akan semakin indah dan cantik bila pembangunan pelebaran jalan ini selesai, seperti pelebaran jalan Kabanjahe – Berastagi sekarang semakin rapi dan nyaman,” ujarnya.(Jona T /D'vd)

Ket Foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi, MSI, Kepala Dinas PUPR, Edward Pontianus Sinulingga, Camat Kabanjahe, Leo Girsang, Kabid Bina Marga, Hendra Mitcon Purba saat melakukan pengukuran pelebaran jalan,Jumat (17/01) 2020 (Jona T/DvD).

statusrakyat.com