Dibangun Tahun 1926 dan Sudah Beberapa Kali Direnovasai Akhirnya Griten Pulu Ganding Diresmikan Bupati Karo -->
Cari Berita

Advertisement

Dibangun Tahun 1926 dan Sudah Beberapa Kali Direnovasai Akhirnya Griten Pulu Ganding Diresmikan Bupati Karo

08 Maret 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH didampingi Camat Simpang Empat Amsah perangin Angin dan Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana, meresmikan Griten Pulu Ganding  Pasinget Sitepu, Sabtu ( 07/03) 2020 pukul 12.20 WIB di Desa Beganding Kec. Simpang Empat Kab. Karo.

Disela sela kesibukan mengikuti kegiatan Hari Jadi Kab . Karo ke 74, sejak  pagi sudah digelar, di taman mejuah juah Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, tiba tiba meninggalkan taman Mejuah Juah, sehubungan ada jadwal lain yang diminta  dan sangat diharapkan  masyarakat Desa Beganding, kehadiran Bupati Karo.

Tentunya ini, kita harus bisa membagi waktu, walaupun sebentar, tapi kita harus hadir, agar masyarakat tidak kecewa yang sudah jauh hari mengharapkan kehadiran saya,"ujar Terkelin.

Menurut Terkelin, pembangunan Griten Pulu Ganding ini, sungguh kita apresiasi, sebab ini salah satu ciri kebanggan kearifan lokal  budaya Karo, yang sampai sekarang ini, belum punah, dizaman  Era Digital ini masih bertahan, sungguh luar biasa,"tandasnya.

Disisi lain, kita harus berpikir secara global, namun bertindak secara lokal, jadikan Griten Pulu Gading menjadi Griten wisata, ikon ini bisa dikelola BUMDES, tinggal Perangkat Desa yang berkoordinasi dengan pemerintah Camat nya, "tuturnya.

Sementara , pihak keluarga keturunan Pulu Gading Pasinget Sitepu, mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Karo, yang bersamaan sibuk menghadiri acara hari jadi Kab. Karo, namun masih bisa menyempatkan datang, kami keluarga Sitepu, bangga memiliki sosok seorang Bupati yang peduli akan masyarakatnya, dan memiliki karakter dekat dengan masyarakatnya, "ujarnya.

Perlu diketahui, kata Tina Br Sitepu  pihak cucu Pulu Gading Pasinget Sitepu, menjelaskan sebelum Griten ini di renovasi, dimana tahun 1926 Griten ini sudah ada, dan direnovasi tahun 1984, baru kemudian tahun 2019 direnovasi lagi, sehingga selesai 2020, baru diresmikan,"ucapnya.

Lanjutnya, apa yang telah diperbuat keturunan  cucu Sitepu, untuk Griten Pulu Ganding Pasinget Sitepu, bukan hanya milik Marga Sitepu saja, atau masyarakat Desa Beganding , akan tetapi Griten ini sudah milik masyarakat Karo semuanya, "pungkasnya.

Dipenghujung acara, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH didampingi keluarga Marga Sitepu keturunan Pulu Ganding melakukan pengguntian pita dan dilanjutkan penandatangan Griten Pulu Ganding di Desa Beganding Kec. Simpang Empat.

(Jona T/D'vd)