Bupati Karo dan Dandim 0205/TK Sepakat Pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid - 19 Sesuai Nomenklatur Mendagri -->
Cari Berita

Advertisement

Bupati Karo dan Dandim 0205/TK Sepakat Pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid - 19 Sesuai Nomenklatur Mendagri

02 April 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH menggelar rapat koordinasi bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal, Ketua Gusta Ir Martin Sitepu, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, dan Kasdim 0205/TK Mayor Inf D. Marpaung, Pasi Intel Kapten Gandi, Pasi Ops Kapten Inf JMH Tampubolon, Pasi Pers Kapten Bangkit Hutahean, sekaitan percepatan pembentukan Gugus Tugas baru dalam penanganan penyebaran Virus Covid-19, Rabu (01/04) 2020 pukul 12.30 WIB diruang kerja Bupati Karo.

Dalam rapat koordinasi ini, Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal menyampaikan  akan mendukung penuh kebijakan pemerintah pusat dalam menjalankan  Keppres nomor 9 tahun 2020 dan surat edaran Mendagri nomor :440 /2622 /SJ tanggal 29 Maret 2020  tentang pembentukan Percepatan Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Disease (Covid-19) seluruh Provinsi /Kabupaten /Kota se-Indonesia,"ujarnya.

Program pusat ini wajib kita jalankan, kami jajaran TNI Wilayah Tanah Karo siap  mengawal proses pembentukan hingga nanti  terbentuk SK (surat keputusan) dari Bupati Karo selaku ketua Gugus Tugas yang baru, sesuai nomenklatur yang telah ditetapkan oleh Mendagri,"jelas Taufik.

Untuk itu, Letkol Inf Taufik meminta tidak ada alasan pembentukan Satgas Covid-19 sesuai amanah undang undang, penekanan Presiden Jokowi dan Surat edaran Mendagri diperlambat, dirinya meminta segera dibentuk, sebab tujuannya agar tim dapat bekerja maksimal dan efektif,"tegasnya.

Dasar SK (Surat Keputusan ) yang ada, Taufik menyebut dapat menggerakkan  pasukan jajaran TNI yang ada di Kab. Karo sampai tingkat Koramil, selaku dia komandan kewilayahan sekaligus wakil ketua Gugus 1 dalan aturan yang baru, yang kita harapkan dalam minggu ini terbentuk, "ucapnya.

Taufik  menjamin, jika SK Gugus Tugas yang baru terbentuk, kita akan langsung konsolidasi dengan tim yang lain yakni  bersama Bupati Karo (ketua Gusta) dan Kapolres Tanah Karo (wakil Gusta 2) untuk program kedepan untuk dijalankan di seluruh  wilayah Tanah Karo, "jelasnya.

Menyahuti tersebut Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH angkat bicara bahwa apa yang disampaikan Dandim tadi sekaitan pembentukan Gugus Tugas baru, kita apresiasi dan kita ucapkan banyak  terimakasih atas dukungan moral yang diberikan kepada Pemda Karo.

Terimakasih bapak Dandim, sudah ingatkan kami dan masukan ini akan menjadi prioritas segera  untuk menindaklanjuti pembentukan Gugus Tugas sesuai amanah undang undang agar segera dibentuk menurut nomenklatur yang telah ditetapkan,disamping itu lebih cepat terbentuk lebih cepat tim bekerja,"kata Terkelin.

Menyikapi tersebut, Terkelin memerintahkan kepada ketua Gusta yang lama Ir Martin Sitepu, agar segera tanggap dan perbaharui SK yang sudah ada dengan nomenklatur yang baru sesuai juknis edaran dari Mendagri, "sebut Bupati.

Mendengar  hal tersebut, Ketua Gusta Ir Martin Sitepu menyatakan dalam waktu yang cepat akan kami susun kepengurusan pembentukan Gugus tugas yang baru. Intinya, pembentukan ini segera akan kita informasikan jika sudah siap kami susun, pasti akan kita tembusi, sebab kepengurusan ini banyak yang berubah nomenklaturnya. Mudah mudahan, dalam minggu ini jika tidak ada halangan kita usahakan konsep SK sudah siap dan matang, dan akan siap dibesarkan bagi tim yang terlibat, "tegas Ir Martin Sitepu. (Jona T/D'vd)

statusrakyat.com