Terkelin Brahmana : Masyarakat Dari Luar Tanah Karo Yang Baru Pulang Kampung Agar Didata dan Mengisolasi Mandiri Selama 14 Hari -->
Cari Berita

Advertisement

Terkelin Brahmana : Masyarakat Dari Luar Tanah Karo Yang Baru Pulang Kampung Agar Didata dan Mengisolasi Mandiri Selama 14 Hari

06 April 2020

StatusRAKYAT.com, Tanah Karo - Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH didampingi wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang, Sekda Drs Kamperas Terkelin Purba, Kalak BPBD Ir Martin Sitepu, Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina , Ka DPKPAD Andreasta Tarigan, Kadis Kominfo Jonson Tarigan, menggelar videoconference, Senin (06/04)2020 pukul 13.00 WIB di ruang Comand Center Kabanjahe.

Dalam pengantar video conference , Bupati karo Terkelin Brahmana mengingatkan para jajaran Camat , Puskesmas dan Muspika , agar selalu memonitoring dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat setiap anjuran pemerintah yang sudah ter update selama ini, baik social distancing, phsycal distancing, jaga jarak, cuci tangan, gunakan masker.

Terkelin Brahmana mengatakan, "masyarakat  dari luar Tanah Karo yang  baru pulang kampung /mudik , agar didata dan himbau masyarakat sadar untuk isolasi mandiri selama 14 hari, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Untuk itu, silahkan Camat Kuta Buluh dan Tiga Nderket berikan laporan protokoler penanganan Covid-19, apa yang telah dilakukan dalam menjalankan program pemerintah dalam hal Covid-19, "kata Terkelin melalui Videoconference tersebut.

Camat Kuta Buluh Josua Sebayang dan Camat Tiga Nderket Syukur Brahmana mengatakan bahwa kegiatan protokol dalam penanganan Covid-19 sudah menerapkan dan meneruskan himbauan Kepada setiap Desa Desa , untuk tidak mengundang massa berkerumun, phsycal distancing, cuci tangan, jaga jarak dan gunakan masker bila keluar rumah. Disisi lain terkait masyarakat pendatang yang baru pulang dari luar Tanah Karo, kita sudah mendata dan melakukan pengawasan bagi setiap orang asing maupun warga Desa yang baru datang, guna dilakukan isolasi mandiri,"ujarnya.

Khusus diwilayah Kuta Buluh untuk warga asing di PT Web yang memasuki Kab Karo sudah diterapkan sistem isolasi mandiri sebelum ke PT Web dengan cara isolasi mandiri terlebih dahulu di Medan selama 14 hari, baru kemudian diberikan masuk ke PT Web,"kata Josua kembali.

Sementara, Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang mengapresiasi apa yang telah dilakukan jajaran Camat tersebut merupakan langkah yang baik, namun demikian protokol dan  pelayanan terus ditingkatkan secara berkala. Apabila ada kendala segera laporkan keposko ketua Gugus, selain itu tenaga para medis di Puskesmas selalu lakukan kordinasi dengan Dinas Kesehatan , apabila menemui sejumlah masalah terkait peralatan yang belum memadai, guna diambil langkah langkah yang terbaik, "terang Cory.

Hal serupa dikatakan Sekda Kab Karo Drs Kamperas Terkelin Purba, sependapat dengan yang disampaikan ibu Wakil Bupati Kab. Karo, bahwa tenaga kesehatan harus on time selama dalam penanganan wabah Covid-19. Yang paling penting berhubungan dengan sesak nafas, setiap Puskesmas harus memastikan ada tabung oksigen guna membantu pasien yang terkena sesak, hal ini jangan sepele, tentu ikuti SOP yang ada, "imbuhnya. (Jona T/ D'vd)