Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Toba Dimulai -->
Cari Berita

Advertisement

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Toba Dimulai

06 Februari 2021
350


StatusRAKYAT.com, Toba -
Bupati Toba, Ir. Darwin Siagian membuka secara resmi Vaksinasi COVID-19 pada acara Pencanangan Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Toba Tahun 2021, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (5/02/2021).

Dalam sambutannya Bupati  Darwin berharap vaksinasi di Toba dapat mencapai di atas 90 persen. "Saya harap vaksinasi dapat mencapai 90 persen dan seluruh warga Toba mendukung program vaksinasi ini. Dengan apa yang menjadi keputusan pemerintah, maka tidak ada halangan dan alasan bagi kita untuk tidak menerima vaksin ini," himbau Darwin.

Dijelaskannya hari Senin mendatang secara bersamaan akan dilaksanakan vaksinasi di setiap kecamatan. Darwin berharap semua Camat berperan aktif dan meninjau persiapan di 19 Puskesmas.

"Semua persiapan harus di cek oleh Camat. Para dokter dan tenaga kesehatan yang berada di luar kedinasan temasuk dokter spesialis harus terlibat langsung melakukan pengawasan pelaksaan vaksinasi," Sebut Bupati Darwin dengan tegas.

Sementara Assisten I Pemkab Toba Harapan Napitupulu dalam laporannya menyebutkan penularan Covid-19 di Kabupaten Toba sampai dengan saat ini adalah terkonfirmasi sebanyak 374 orang; yang sembuh 254 orang, meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 14 orang, perawatan atau isolasi pada saat ini 106 kasus.

Disebutkannya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk:mengurangi transmisi penularan, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat ataupun health community dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Usai pembukaan kegiatan oleh Bupati Darwin Siagian dan laporan kegiatan oleh Asisten I Harapan Napitupulu dilakukan kegiatan penyuntikan vaksin Covid -19.

Dari sepuluh orang  yang direncanakan mendapat vaksin COVID-19 perdana di Toba, enam orang dinyatakan ditunda dan empat orang telah berhasil mendapatkan vaksin tersebut.

Ke-10 orang yang berencana mendapatkan vaksin tersebut adalah Kajari Toba Robinson Sitorus, Ketua Pengadilan Negeri Balige Lenny Megawaty, Kabag Ops Polres Toba AKP Jhony Andries, Utusan TNI Mayor Infantri Kaminton Napitupulu, Utusan Mahasiswa Lestari Taruly Sirait, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba Chandrow Manurung, Utusan Pemkab Toba Parulian Siregar, perwakilan masyarakat muslim  Shofhan Asmadi Nasution, praeses HKBP Distrik XI Same Siahaan, dan perwakilan Katolik Kardi Nainggolan.

Dari sepuluh yang merencanakan ikut vaksinasi, hanya empat yang berhasil  divaksinasi yait Kabag Ops Polres Toba

AKP Jhony Andries, Utusan TNI Mayor Infantri Kaminton Napitupulu, Utusan Mahasiswa Lestari Taruly Sirait, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba Chandrow Manurung. (JMP)

statusrakyat.com