Pembangunan Irigasi P3A Karang Sari Berjalan Dengan Lancar -->
Cari Berita

Advertisement

Pembangunan Irigasi P3A Karang Sari Berjalan Dengan Lancar

04 Mei 2021


StatusRAKYAT.com, Serang
- Program percepatan tata guna air dengan pembangunan sarana irigasi, saat ini tengah dijalankan oleh Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Karang sari yang berlokasi di Cikoneng Kelurahan Tinggal, kecamatan Curug, Kota Serang, Provinsi Banten.

Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan. Terjaminnya penyediaan air irigasi bisa diupayakan melalui peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

"P3A mengelola atau memelihara jaringan irigasi tersier dan mencari solusi secara lebih mandiri terhadap persoalan-persoalan menyangkut air irigasi yang muncul di tingkat usaha tani," kata Badri, Selasa (04/05/2021).

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah. Dalam hal ini Kementan untuk mendongkrak peningkatan produksi pangan secara signifikan.

"Saat ini penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang lebih memadai menjadi fokus dalam peningkatan produksi pangan. Di antaranya melalui pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi, perluasan atau pencetakan sawah baru dan penyediaan alat mesin pertanian," kata Badri

Dari penyediaan sarana dan prasarana tersebut, jelas Badri, secara kuantitas mengalami peningkatan. Begitu pula dengan pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi yang sudah dilaksanakan mampu memberikan kontribusi perluasan coverage area tanaman yang terairi.

"Namun saat ini, masih perlu ditingkatkan dalam penyediaan dan pengelolaan air irigasi adalah bagaimana pengelolaan, pemanfaatan serta pemeliharaan jaringan irigasi berjalan secara berkelanjutan. Sehingga terus berkontribusi terhadap peningkatan produksi tanaman pangan," ujar badri

Dia menjelaskan, P3A merupakan salah satu lembaga atau kelompok petani di pedesaan yang handal dan berperan penting dalam pengelolaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan air irigasi. Lembaga ini secara khusus mewadahi para petani yang terkait dengan tata kelola air irigasi di tingkat usaha tani sekaligus pengelolaan sumber daya air lainnya.

Badri, Ketua P3A Karang sari saat dikonfirmasi mengungkapkan program ini sangat bermanfaat bagi anggota dan para petani.

“Manfaat pembangunan sarana dan sarana irigasi ini sangat banyak, seperti mengaliri air ke sawah dengan teratur, terutama yang berada di daerah pesawahan di Kampung cikoneng kelurahan tinggar, kecamatan Curug, kota serang, ke pesawahan lainnya,” katanya.

Kini peningkatan pendapatan sangat dirasakan, baik dari hasil produksi padi, maupun hortikultura seperti bawang, cabe rawit, dan sebagainya, untuk pemeliharaan dan pengembangan irigasi sprinkle dengan harapan pasokan air lebih luas lagi jangkauannya.

Badri juga berpesan, agar setelah pembangunan sarana pra sarana irigasi ini selesai, maka tugas kita adalah menjaga dan merawatnya.(red)

statusrakyat.com