Lantamal VIII Manado Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan -->
Cari Berita

Advertisement

Lantamal VIII Manado Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan

26 Oktober 2021


StatusRAKYAT.com
, Manado - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado melaksanakan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat I (P-1/L-1) dan Tingkat II (P-2/L-2). Kegiatan tersebut dibuka Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VIII Kolonel Laut (P) May Franky Pasuna Sihombing mewakili Komandan Lantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., dalam suatu acara pembukaan di Gedung Yos Sudarso, Mako Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Paal Dua, Manado. Senin (25/10/2021)

Danlantamal VIII dalam sambutan yang dibacakan Wadan Lantamal VIII mengatakan bahwa penyelenggaraan uji terampil gladi tugas tempur pangkalan adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kehandalan unsur-unsur dan satuan pangkalan TNI AL agar tercipta tingkat kesiagaan operasional yang dipersyaratkan.

Lebih lanjut Danlantamal VIII mengatakan bahwa kegiatan uji terampil Glagaspur tingkat P1 dan P2 diselenggarakan untuk mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan keterampilan baik perorangan maupun kelompok yang pada gilirannya akan meningkatkan pemantapan komando dan pengendalian operasi, prosedur operasi dan pemantapan penguasaan teknik dan taktik yang tepat. 

Selain itu Danlantamal VIII menegaskan bahwa kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan profesionalisme personel Lantamal VIII dalam melaksanakan tugasnya antara lain kesiapan perorangan dalam menggunakan peralatan dan senjata sesuai prosedur, tercapainya peningkatan fungsi dan koordinasi antara pos-pos tempur di Lantamal VIII. 

"Pada akhirnya akan tercapai pemantapan personel Lantamal VIII dalam melaksanakan prosedur teknik dan taktis serta kodal yang dituangkan dalam setiap rencana operasi dalam rangka pertahanan pangkalan untuk menghadapi tuntunan tugas ke depan", pungkas Danlantamal VIII.

Sementara itu Komandan Komando Latihan (Dankolat)  Komando Armada (Koarmada) II Kolonel Laut (P) Mulyadi, S.E., dalam sambutannya yang dibacakan Komandan Glagaspur Kolat Koarmada II Letkol Laut (P) Woody Oktavia mengatakan bahwa kegiatan Glagaspur pangkalan diselenggarakan untuk mewujudkan mempertahankan dan meningkatkan keterampilan baik perorangan maupun kelompok yang pada gilirannya akan meningkatkan pemantapan komando pengendalian operasi prosedur operasi dan pemantapan penguasaan teknik serta teknik teknik taktik yang tepat

Dankolatarmada II menyampaikan uji terampil yang akan dilaksanakan adalah agenda rutin tahunan dan merupakan bentuk penilaian terhadap penyelenggaraan latihan pangkalan sebagai salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan berhasil tidaknya suatu latihan.

"Tujuan latihan adalah untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu latihan, menentukan tindakan korektif yang diperlukan segera maupun di kemudian hari, sedangkan sasaran penilaian adalah kelancaran dari proses latihan keberhasilan pangkalan dalam melaksanakan latihan dan kesiapan pangkalan yang telah dicapai sebagai bahan penentuan tingkat kesiapan tempur pangkalan", kata Dankolatarmada II.

Kegiatan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat I (P-1/L-1) dan Tingkat II (P-2/L-2) di Lantamal VIII Manado rencana dilaksanakan selama dua hari dengan materi latihan diantaranya keterampilan bahari, bongkar pasang senjata laras panjang dan pistol, PBB, uji tulis, dakura, upacara persemayaman dan pemakaman, upacara penaikan bendera, valreep dan jajar kehormatan, penempatan penjagaan, pergantian pengawal, peran huru hara, peran sabotase, peran bahaya udara, dan peran kebakaran.

Turut hadir dalam acara pembukaan antara lain Asops Danlantamal VIII, Aspotmar Danlantamal VIII dan Kadispotmar Lantamal VIII serta Tim Uji Terampil Kolat Koarmada II. ( MH )

statusrakyat.com