Pemkab Toba Bersyukur dan Bangga Kehadiran Pastor RD.Vincent Purba di Parsoburan -->
Cari Berita

Advertisement

Pemkab Toba Bersyukur dan Bangga Kehadiran Pastor RD.Vincent Purba di Parsoburan

01 November 2021


StatusRAKYAT.com ,  Toba -
Bupati Toba Poltak Sitorus mengucap syukur dan merasa bangga serta  berharap dengan kedatangan pastor yang baru ditahbiskan yaitu  Pastor RD.Vincent Purba di Parsoburan , umat dan masyarakat tiga Kecamatan Habinsaran ,Borbor,dan Nassau (Habornas) bisa diarahkan untuk ikut   bersama membangun daerah ini.

Hal ini dikatakan Bupati Poltak Sitorus dalam acara syukuran Pentahbisan Pastor RD.Vincent Purba di Gereja Katolik St.Yoseph Parsoburan, Kecamatan Habinsaran, Toba, Minggu (31/10/2021).

Menurut Bupati Poltak Sitorus ,kita juga bersyukur di era Presiden Jokowi ini daerah kita  ditetapkan sebagai salah satu super prioritas, yaitu Danau Toba sebagai daerah  tujuan wisata .

Saat ini, lanjutnya, di daerah Habornas  belum ada destinasi yang luar biasa padahal alamnya  sungguh luar biasa. Potensi tanaman kopi ada di sini. Permintaan akan  kopi saat ini juga tinggi. 

Ia pun menyodorkan ide dengan  menumbuhkan kembali  bahwa di Parsoburan  bisa minum kopi ditumbuk tangan , dimana lebih harum dan lebih enak. 

Kalau hal ini ada ,maka Bupati Poltak Sitorus akan mengajak orang minum kopi khas ini.

"Habornas  dulu unggul kopi . Lestarikanlah kopi dari Parsoburan, untuk Indonesia bahkan dunia. Bisa bertanam jagung tapi jangan hilangkan kopi.Kebutuhan kopi untuk dunia sangat tinggi,"sebutnya memotivasi warga.

Namanya bisa Kopi Andalu atau Losung , mari minum kopi di Parsoburan.

Disebutkan juga jalan menuju Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura)  akan kita tembuskan.

Dengan  demikan bersiaplah Parsoburan menangkap peluang ini karena daerah  ini sebagai  jalan lintas  bila menuju Bandara Silangit. 

"Semoga datang berkat seiring kedatangan Pastor Vincent di wilayah Habornas ini," sebutnya disambut riuh  tepuk tangan warga.

Selanjutnya Bupati Toba menyampaikan suatu cita-cita  agar diciptakan satu desa wisata desa Na Marugamo (ada kasih sayang dan gotong royong), desa Na Maradat  (ada  Tonggo Raja atau rapat desa memutuskan peraturan desa ),desa 
Marpabinotoan (menerapkan ilmu pengetahuan terutama  pertanian).Ini disebut dengan Desa Batak Na Raja.

Suatu saat desa Batak Na Raja  ini akan diperlombakan di Kabupaten Toba dan diberikan hadiah.

Ditambahkannya bahwa hal ini sejalan dengan kotbah Pastor Vincent Purba sebagai harapan kita bisa menumbuhkan benih kasih berlipat ganda 

Kemudian dinformasikan pada tanggal 15 November 2021 mendatang akan ada  5000 suntikan vaksin COVID-19 dalam satu hari. Diharap adanya kesiapan masyarakat Habornas untuk ikut menerimanya.

Diketahui di daerah ini nihil konfirmasi aktif pasien COVID-19.

Turut hadir anggota DPRD Toba asal Dapil Habornas Richard Lubis dan Usden Sianipar, Ketua TP.PKK Toba Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus, Sekdakab Toba Audi Murphy O.Sitorus didampingi istri Ny.Riama Audi Murphy O.Sitorus, sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Toba, Orang tua dan keluarga  Pastor Vincent dari Saribu Dolok.

Acara juga dirangkai dengan pemberian penghargaan ulos Batak kepada Pastor RD.Vincent Purba dan orang tuanya, Bupati Toba,dan Anggota DPRD Toba.

Sebelumnya Bupati Toba dan rombongan beserta utusan jemaat se-Paroki St.Yoseph Parsoburan mengikuti kebaktian misa yang dipimpin Pastor Paroki , Pastor RD Henri Simbolon dan Pastor Vincent Purba.(JMP)