Wadanlantamal VIII Buka Upacara Tradisi Penerimaan Bintara dan Tamtama Tahun 2021 -->
Cari Berita

Advertisement

Wadanlantamal VIII Buka Upacara Tradisi Penerimaan Bintara dan Tamtama Tahun 2021

30 November 2021


StatusRAKYAT.com , Manado -
Wakil Komandan (Wadan) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado Kolonel Laut (P) May Franky Pasuna Sihombing, CHMRP, membuka upacara tradisi penerimaan Bintara dan Tamtama di Lapangan Mako Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Paal Dua, Manado. Senin (29/11/2021)

Sebanyak 42 Bintara Remaja terdiri dari 40 Pria dan 2 Wanita serta 41 Tamtama Remaja 41 Prajurit Karier (PK) Angkatan LIXI Gelombang I Tahun Anggaran (TA) 2021 lulusan Satuan Pendidikan (Satdik) TNI AL Makassar menjalani Pekan Orientasi Satuan Lantamal VIII.  Upacara tradisi penerimaan Bintara dan Tamtama tersebut ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Wadanlantamal VIII selaku Inspektur Upacara (Irup).  

Dalam amanat Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA yang dibacakan Wadanlantamal VIII menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa bangga terhadap satuan serta motivasi semangat juang dalam menghadapi tugas ke depan.  

Lebih lanjut Danlantamal mengatakan bahwa jika dihadapkan dengan arus globalisasi dan informasi yang begitu cepat, sedikit atau banyak akan mempengaruhi tatanan budaya, etika, moralitas, agama dan semua sendi kehidupan yang tidak menutup kemungkinan akan mempengaruhi pola sikap dan tatanan kehidupan militer. Oleh karena itu Danlantamal VIII berharap para prajurit segera menyesuaikan diri dengan tetap memegang teguh jati diri TNI sebagai prajurit pejuang, prajurit rakyat, prajurit nasional dan prajurit profesional.

Kepada Bintara dan Tamtama yang baru saja dilantik Danlantamal VIII menekankan agar meningkatkan budaya belajar dan berlatih serta memperkaya diri dengan kemampuan dan wawasan ilmu pengetahuan agar tetap profesional di bidang tugasnya.

“Saya yakin dan percaya kalian dapat melaksanakan tugas nantinya dengan baik dan berhasil, jangan lupa tetap bersyukur sebagai karunia yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa agar apa yang kalian cita-citakan dapat memberikan manfaat bagi kejayaan TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara”, pungkas Danlantamal VIII.

Usai upacara peserta melanjutkan kegiatan pengenalan lingkungan dan pembekalan dibimbing oleh Instruktur dan pembina. Selama satu pekan para peserta akan mendapatkan pelatihan sebagai bekal penugasan di satuan diantaranya pengetahuan tali temali dan peluit, Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL, Peraturan Baris Berbaris (PBB), pengenalan penjagaan, pengetahuan dhakura dan penanggulangan kebakaran serta pembinaan fisik.

Turut hadir pada upacara tersebut Asintel dan Asops Danlantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Danpom Lantamal VIII, Para Kadis dan Kasatker Mako Lantamal VIII.


( MH )

statusrakyat.com