FIS adakan Seminar Nasional "Pemuda dan Upaya Pencegahan Korupsi Sejak Dini -->
Cari Berita

Advertisement

FIS adakan Seminar Nasional "Pemuda dan Upaya Pencegahan Korupsi Sejak Dini

23 April 2022


StatusRAKYAT.com , Indramayu – Masih dalam rangkaian Indramayu Ramadhan Fest 2022, Forum Indramayu Studi (FIS) kembali mengadakan seminar nasional.

Bertajuk "Pemuda dan Upaya Pencegahan Korupsi Sejak Dini", seminar kali ini digelar di Aula Kio Sidum Kompleks Pendopo Kabupaten Indramayu pada kamis, 21/04/2022.

Dihadiri oleh perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kabupaten Indramayu, Duta Polindra, pemuda, jurnalis dan Aktifis Pegiat Anti Korupsi.

Seminar dibuka dengan opening speech Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang diwakili oleh 
Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Indramayu Ahmad Budiharto. 

Tampil sebagai narasumber utama pada seminar ini Kepala Sekretariat Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat (Setdikmas) Guntur Kusmeiyano, M.Si., CSEP., CRMO., PAK. 

Guntur memaparkan pentingnya peran serta pemuda dalam membangun gerakan anti korupsi. Hai ini  bisa diwujudkan melalui kesadaran dan taat terhadap hukum sejak dini. Salah satu upaya yang dapat  dilakukan adalah dengan pembangunan komunitas yg bergerak dibidang anti korupsi, dimana peran serta masyarakat terhadap pemberantasan korupsi sudah diatur dalam Pasal 1 UU No 19 Tahun 2019.

Selain itu, Guntur juga memaparkan, bentuk aplikatif dari 9 nilai anti korupsi diwujudkan kedalam nilai Kejujuran, Kemandirian, Tanggung Jawab, Berani, Sederhana, Peduli, Disiplin, Adil dan Kerja Keras. Kesembilan nilai ini ketika dilaksanakan olah semua orang, diharapkan akan meminimalisir terjadinya tidak pidana korupsi.

Pada kegiatan ini FIS Berkolaborasi dengan Mahasiswa Genre Indramayu, PK PMII STIDKI NU Indramayu, jurnalis serta di support oleh Senyum Anak Nusantara (SAN)Chapter indramayu, Paguyuban Duta Baca indrmaayu, dan Komunitas Pecinta Indramayu (KOPI)

Ketua umum FIS Arif Rofiuddin selaku penyelenggara kegiatan ini menyampaikan inti menyatakan ingin mengkampanyekan upaya anti korupsi terutama dikalangan kaum muda terutama di Kabupaten Indramayu dengan menggagas “Gerakan Wong Enom Anti Korupsi” (red: gerakan anak muda anti korupsi).

Dirinya juga menyatakan FIS siap menjadi pelopor dalam mengkampanyekan “Gerakan Wong Enom Anti Korupsi”. Sehingga diharapkan dapat mengedukasi khususnya generasi muda untuk mempunyai nilai kebajikan dalam keseharian diharapkan dapat terhindar dari praktek korupsi.

“Saya berharap, melalui “Gerakan Wong Enom Anti Korupsi” ini kita dapat memberikan edukasi kepada generasi muda agar terhindar dari praktek korupsi,” ujar  Arif. (Mutadi)

statusrakyat.com