KM. Ratu Samudra Mulya Tenggelam, 9 Orang Selamat dan 1 Orang Belum Ditemukan -->
Cari Berita

Advertisement

KM. Ratu Samudra Mulya Tenggelam, 9 Orang Selamat dan 1 Orang Belum Ditemukan

10 April 2022


StatusRAKYAT.com , Indramayu - Nasib miris kembali menimpa nelayan asal Kabupaten Indramayu yang mengalami musibah di laut. KM. Ratu Samudra Mulya yang dinakhodai Karim, warga Desa Parean, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, tenggelam di perairan Laut Jawa pada koordinat 04016’062” E / 107051’913” E pada Sabtu, 9/4/2022 sekitar pukul 14.30 WIB.

KM. Ratu Samudra Mulya merupakan kapal penangkap cumi yang berangkat dari Jakarta dengan 10 orang awak, ditemukan terbalik oleh Kapal TB Bina Ocean 20. Sejumlah 9 orang awak berhasil diselamatkan, namun  1 orang dinyatakan hilang atas nama Ato, warga Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu.

Sembilan awak yang selamat itu adalah Karim (Nakhoda asal Parean Indramayu), Buchori (Kepala Kamar Mesin/KKM asal pamanukan Subang), Andiana dan Anda Lesmana (Anak Buah Kapal/ABK asal Kuningan), Ferdi Fernando (ABK asal Bandar Lampung), Mustafa M (ABK asal Singkawang Kalimantan Barat), Abdul Karim (ABK asal Bogor), Giri Purnama (ABK asal Cirebon), dan Eko P (ABK asal Pandeglang Banten).
 
Kesembilan awak KM. Ratu Samudra Mulya yang selamat ini kemudian dibawa oleh TB. Bina Ocean 20 menuju Palembang.

Terdapat informasi penemuan jenazah mengambang di laut sekitar perairan Kabupaten Tulang Bawang Lampung. Belum dapat dipastikan apakah jenazah yang ditemukan ini adalah korban hilang dari KM. Ratu Samudra Mulya. Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu masih terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait baik dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi dan juga dengan daerah lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi.

Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu Edi Umaedi menyatakan keprihatinannya terkait terjadinya kecelakaan laut yang menimpa nelayan Indramayu. Beruntung jika masih ditemukan selamat. Terkadang para nelayan ini ditemukan sudah meninggal, bahkan ada yang jenazahnya tidak ditemukan.(Mtd)

statusrakyat.com