Viral Tari Topeng Indramayu Tampil di Program “Sampurasun” TVRI Jabar -->
Cari Berita

Advertisement

Viral Tari Topeng Indramayu Tampil di Program “Sampurasun” TVRI Jabar

18 Januari 2023


StatusRAKYAT.com , Indramayu – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Indramayu menjadi narasumber di program acara televisi “Sampurasun” pada stasiun TVRI Jawa Barat pada, Senin (16/1/2023).

Dalam acara tersebut Plt. Kepala Dikbud Iin Indrayati yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Sekdis) Erni Heriningsih didampingi oleh Kepala Bidang Kebudayaan Uum Umiyati dan Kepala Bidang Pembinaan SMP Eti Herawati menjelaskan mengenai kebudayaan Indramayu dalam seni tari topeng.

Sebelumnya, bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Indramayu 7 Oktober 2022 lalu, Kabupaten Indramayu berhasil memecahkan Rekor Muri dengan menarikan Tari Topeng Kelana secara serentak dengan jumlah partisipan sebanyak 7.891 orang.

Oleh karena itu, pada acara yang berlangsung pada siang hari dan terhubung melalui zoom meeting tersebut mengangkat tema kebudayaan yang dikhususkan pada pelestarian Tari Topeng Kelana sebagai kebudayaan asli Indramayu.

Menurut Sekretaris Dikbud Erni Heriningsih, melestarikan kebudayaan merupakan upaya untuk mempertahankan nilai-nilai seni budaya, nilai tradisional dengan situasi dan kondisi yang selalu berubah dan berkembang.

“Melestarikan itu kan berarti mewariskan kebudayaan Indramayu, terutama kepada generasi penerus untuk berupaya mempertahankan nilai-nilai budaya dan nilai tradisional dalam situasi dan kondisi yang berkembang saat ini,” jelasnya.

Sekretaris Dikbud juga menambahkan, pelestarian tersebut diterapkan pada penambahan mata pelajaran untuk sekolah, dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas diadakan muatan lokal tari topeng yang bertujuan untuk mengisi waktu luang anak sekolah yang biasanya diisi dengan bermain gadget.

“Dulunya anak-anak sering sekali menggunakan gadget pada waktu luangnya, pada persiapan pemecahan Rekor Muri lalu, anak-anak menghabiskan waktunya dengan kegiatan bermanfaat yaitu berlatih gerakan tari topeng,” tambahnya.

Selain menjelaskan tentang seni topeng, Sekdis Erni Heriningsih juga mengenalkan seni batik khas Indramayu yaitu Batik Complongan dengan motif yang dimiliki Indramayu yang didominasi oleh motif alam sesuai dengan karakteristik wilayahnya yang berada di pesisir pantai utara. (Mtd/MTQ)

statusrakyat.com