Pemerintah Kabupaten Indramayu Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Menggandeng Kauny Quran Dalam Membangun Karakter Peserta Didik -->
Cari Berita

Advertisement

Pemerintah Kabupaten Indramayu Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Menggandeng Kauny Quran Dalam Membangun Karakter Peserta Didik

05 Maret 2024


StatusRAKYAT.com,Indramayu - Kepemimpinan Bupati Indramayu Hj.Nina Agustina yang senantiasa mengadakan perbaikan dan senantiasa memberikan dukungan pada kegiatan keagamaan dalam mewujudkan Kabupaten Indramayu yang bermartabat, menggelar pelatihan menghafal Alquran Semudah tersenyum Metode Kauny di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu.


Pelatihan yang bertujuan untuk terus meningkatkan dan membangun karakter peserta didik dengan literasi Alquran ini dibuka di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indramayu Jawa Barat,  Senin  (4/3/2024).


Dalam sambutanya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indramayu  Dr.Ahmad Syadali, M.Ed mengatakan," sangat bergembira dan antusias menyambut program ini," ucapnya.


Lebih lanjut,  beliau berharap para peserta dapat mengambil ilmu sebanyak banyaknya dalam kegiatan yang luar biasa ini," kata Ahmad Syadali, M.Ed.


Masih menurut Ahmad Syadali mengatakan," Semoga nanti terwujud sebuah komunitas yang memiliki identitas yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Indramayu dengan wasilah hasil dari kegiatan pelatihan ini melahirkan para penghafal Qur'an  yang sejalan dengan visi Indramayu Yang Bermartabat”, ujarnya.


“Nantinya seluruh peserta yang hadir wajib untuk mengajarkan kembali cara Menghafal Alquran semudah tersenyum ini di wilayah masing-masing, dan kita punya target untuk mewisuda 10 ribu penghafal Alquran Juz 30 di tahun 2025”, ujar Ibu Wasilah, M.Pd, selaku Kasi Pendidikan Kabupaten Indramayu.


Menggandeng Kauny Quran Academy, kegiatan pelatihan ini disiapkan untuk 800 peserta, perwakilan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Indramayu, terdiri dari para guru dan dan  siswa.



“Insya Allah, menggunakan Metode Kauny, Guru dan Siswa akan mudah dan senang berinteraksi dengan Alquran lewat membaca, menghafal dan menulis Alquran Semudah Tersenyum. Siswa dan Guru in sya allah akan memiliki akhlaq yang baik karena Metode Kauny mengajarkan siswa arti dan pemahaman dari ayat Alquran yang dihafal," ujar Hilal Achmad, S.Kom selaku Direktur Kauny Quran Academy.


Dalam pelathan ini, Kauny Quran menerjukan dua trainer nasional sebagai pemateri dan motor penggerak dalam kegiatan pelatihan ini, Ustadz Asep Suryana, S.Pd dan Ustadz Hilal Achmad,S.Kom.


Salah seorang peserta pelatihan, berharap agar program ini tidak hanya berhenti sebatas pelatihan, tapi harus terus dikembangkan agar semua perangkat sekolah mulai dari Kepala Sekolah, Guru dan orang tua siswa terus membangun karakter dirinya melalui Alquran khususnya dengan Metode Kauny.


Bupati Indramayu Hj.Nina Agustina mengatakan," yang telah berhasil menaikkan IPM Kabupaten Indramayu yang semula peringkat 3 dari bawah, kini terus naik menduduki IPM peringkat 6, Beliu menyampaikan akan terus bekerjasama dan berkoordinasi dengan para Kepala Sekolah, Guru dan orang tua siswa untuk membangun Indramayu yang Bermartabat," harapanya.(Mutadi)