Plt Wali Kota Tanjungbalai Hadiri Rakor Virtual -->
Cari Berita

Advertisement

Plt Wali Kota Tanjungbalai Hadiri Rakor Virtual

10 September 2021




StatusRAKYAT.com , Tanjungbalai
- Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai Waris Tholib bersama Forkopimda Tanjungbalai, Kalaksa BPBD M Ridwan Parinduri, Kabag Perekonomian Rosidah Parinduri mengikuti rangka Rapat Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi Perkembangan Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara serta Penyerahan penghargaan TPID Award secara virtual di Command Center, dinas Kominfo Tanjungbalai (Kamis, 9/9/2021). Rakor tersebut juga diikuti oleh Pemerintah Kab/Kota se-Sumatera Utara. 

Acara yang dihadiri oleh Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI, Airlangga Hartarto sekaligus menyerahkan secara langsung apresiasi atas pencapaian Provinsi Sumatera Utara sebagai TPID Provinsi Terbaik Wilayah Sumatera kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi di Pendopo Gubernur.

Penyerahan Penghargaan TPID Award tersebut menjadi rangkaian dalam agenda kunjungan kerja Menko ke Sumatera Utara

Pada kegiatan tersebut turut hadir Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara, Soekowardojo, beserta rombongan Menko Perekonomian, BNPB, perwakilan DPR RI, serta pimpinan Forkopimda Sumatera Utara 

Penghargaan TPID Award ini bukti atas keberhasilan TPID Provinsi Sumut dalam menjaga stabilitas inflasi di daerah. Sumut memperoleh penghargaan TPID Award 2021 melalui program Pekan Horas Tani (Pengembangan Kawasan Hortikultura Strategis Berbasis Kelompok Tani).

Pekan Horas Tani merupakan program untuk mendukung ketersediaan komoditi pangan strategis khususnya cabai merah dan bawang merah. Budidaya fokus dengan melakukan pendampingan dan pemberian bantuan kepada Kelompok Tani di berbagai Kab/Kota di Sumut yang telah berbadan hukum. Dan berhasil meningkatkan produktivitas daerah untuk komoditas cabai merah dan bawang merah.

Pada 2020 terpantau fluktuasi harga cabai dan bawang mereda, produktivitas meningkat; serta tekanan inflasi relatif melandai, bagian dari dampak pelaksanaan program Pekan Horas Tani di Sumatera Utara.

Semangat dan motivasi dalam menjaga stabilitas inflasi dan partisipasi TPID Award perlu terus di jaga dan di tingkatkan. Partisipasi pemda Sumut pada TPID Award 2021 telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Dari 58,82% (19 Kab/Kota dan 1 Provinsi) pada tahun 2020 menjadi 88,26% (29 Kab/Kota dan 1 Provinsi) pada tahun 2021.

Sumatera Utara memperoleh penghargaan TPID Award 2021 melalui program Pekan Horas Tani (Pengembangan Kawasan Hortikultura Strategis Berbasis Kelompok Tani). Pekan Horas Tani merupakan program untuk mendukung ketersediaan komoditi pangan strategis khususnya cabai merah dan bawang merah di Sumatera Utara.

Budidaya difokuskan dengan melakukan pendampingan dan pemberian bantuan kepada Kelompok Tani di berbagai Kab/Kota di Sumatera Utara yang telah berbadan hukum dan berhasil meningkatkan produktivitas daerah untuk komoditas cabai merah dan bawang merah.

Pada 2020 terpantau fluktuasi harga cabai dan bawang mereda, produktivitas meningkat, serta tekanan inflasi relatif melandai, bagian dari dampak pelaksanaan program Pekan Horas Tani di Sumatera Utara.

Semangat dan motivasi dalam menjaga stabilitas inflasi dan partisipasi TPID Award perlu terus dijaga dan ditingkatkan. Partisipasi pemda Sumatera Utara pada TPID Award 2021 telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari 58,82% (19 Kab/Kota dan 1 Provinsi) pada tahun 2020 menjadi 88,26% (29 Kab/Kota dan 1 Provinsi) pada tahun 2021.

Gubernur Sumatera Utara mengucapkan terima kasih dan apresiasi setingginya kepada Bapak Menko dan TPIP atas kepercayaan dan apresiasi TPID Award yang diberikan kepada Sumatera Utara. Mari bersama kita menjaga stabilitas inflasi Sumatera Utara, demi masyarakat Sumut yang lebih bermartabat dan sejahtera.(Arsito)